Analisis Pembiayaan Modal Usaha Murabahah Oleh BMT-UGT Sidogiri Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Blimbing Kota Malang)

Afidati, RusydaTahsin (2016) Analisis Pembiayaan Modal Usaha Murabahah Oleh BMT-UGT Sidogiri Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Blimbing Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besar pembiayaan Murabahah terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional Blimbing di Kota Malang setelah pembiayaan Murabahah. Penelitian ini dilakukan kepada pedagang pasar tradisional Blimbing Kota Malang yang melakukan pembiayaan Murabahah di BMT-UGT Sidogiri dengan jumlah sampel sebanyak 66 resonden.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara angket. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan metode path analysisis.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendapatan pedagang sebelum pembiayaan (X1), jangka waktu angsuran (X2), bentuk/tempat usaha (X3), dan ada tidaknya agunan (X4). Variabel intervening dalam penelitian ini adalah besar pembiayaan murabahah yang diajukan anggota (Z). Sedangkan variabel terikatnya adalah pendapatan pedagang setelah pembiayaan murabahah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendapatan pedagang sebelum pembiayaan Murabahah (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel besar pembiayaan murabahah yang diajukan oleh anggota(Z) maupun terhadap pendapatan pedagang setelah pembiayaan murabahah (Y). Variabel jangka waktu angsuran (X2), bentuk/tempat usaha (X3), dan ada tidaknya agunan (X4) berpengaruh secara tidak langsung terhadap variabel pendapatan pedagang setelah pembiayaan Murabahah (Y) melalui variabel besar pembiayaan Murabahah yang diajukan anggota (Z). Sedangkan variabel bentuk/tempat usaha (X3) dan variabel besar pembiayaan Murabahah yang diajukan oleh anggota (Z) berpengaruh secara langsung terhadap pendapatan pedagang setelah pembiayaan Murabahah (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/258/051605224
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2016 14:59
Last Modified: 28 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108674
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item