Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Dari Pelayanan Di Kabupaten Pasuruan (Studi Kasus Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pasuruan)

Ainany, Idyanti (2016) Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Dari Pelayanan Di Kabupaten Pasuruan (Studi Kasus Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan efektivitas dan kontribusi PBB P2 dari pelayanan yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) sejak Pengalihan Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan terhadap Pendapatan Daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan langsung dari hasil wawancara langsung kepada pihak terkait dan data sekunder dari Dispenda Kabupaten Pasuruan. Untuk meningkatkan penerimaan daerah melalui sektor pajak, Dispenda Kabupaten Pasuruan pum melakukan perbaikan kualitas mutu pelayanan pajak kepada wajib pajak. Pelayanan yang prima akan menunjang kepatuhan wajib pajak. Oleh karenanya, diperlukan kerja sama antara aparat pajak dan masyarakat wajib pajak untuk memaksimalkan potensi daerah Kabupaten Pasuruan. Hasil Penelitian pun menunjukkan bahwa Efektivitas pengalihan pengelolaan sudah berjalan efektif sesuai dengan Matriks Pengalihan Oleh Direktorat Jendral Pajak dan dikaitkan dengan teori Efektivitas. Sedangkan, untuk kontribusi terhadap Pendapatan Daerah cenderung mengalami Penurunan. Hal yang masih menjasi kendala adalah Sumber Daya Manusia yang masih belum memadai dan proses kerjasama dengan pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/242/051604890
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 15:48
Last Modified: 28 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108657
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item