Pengaruh Pengumuman Pemberlakuan Larangan Ekspor Mineral Dan Batu Bara (Minerba) Mentah Terhadap Reaksi Pasar Saham Sektor Pertambangan.

Zubaidah, DyahDwi (2016) Pengaruh Pengumuman Pemberlakuan Larangan Ekspor Mineral Dan Batu Bara (Minerba) Mentah Terhadap Reaksi Pasar Saham Sektor Pertambangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberlakuan larangan ekspor mineral dan batu bara mentah terhadap reaksi pasar saham sektor pertambangan. Reaksi pasar dapat dilihat dari pergerakan Trading Volume Activity (TVA) dan Abnormal Return (AR) saham sebelum dan sesudah diberlakukannya kebijakan ini. Periode penelitian ini adalah 30 hari sebelum dan 30 hari sesudah pemberlakuan kebijakan ini. Sampel yang berjumlah 38 berasal dari semua perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dan aktif saat periode penelitian dilakukan. Untuk melihat perbedaan Trading Volume Activity, dilakukan uji beda paired sample t-test karena data berdistribusi normal, sedangkan untuk abnormal return digunakan uji beda wilcoxon signed rank test karena data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan : (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada Trading Volume Activity sebelum dan sesudah pemberlakuan kebijakan larangan ekspor mineral dan batu bara mentah. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap Abnormal Return antara sebelum dan sesudah pemberlakuan kebijakanpelarangan ekspor mineral dan batu bara mentah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/225/051604671
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 May 2016 10:33
Last Modified: 28 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108638
[thumbnail of PENGARUH_PENGUMUMAN_PEMBERLAKUAN_LARANGAN_EKSPOR_MINERAL_DAN.pdf]
Preview
Text
PENGARUH_PENGUMUMAN_PEMBERLAKUAN_LARANGAN_EKSPOR_MINERAL_DAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item