Analisis Structure, Conduct, Performance Ritel Tradisional (Studi Kasus di Kelurahan Rampal Celaket Malang) Dian Kartikasari

Kartikasari, Dian (2016) Analisis Structure, Conduct, Performance Ritel Tradisional (Studi Kasus di Kelurahan Rampal Celaket Malang) Dian Kartikasari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perdagangan merupakan sector yang memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu Negara karena berdampak pada pertumbuhan ekonomi, produk domestic bruto, dan penyerapan tenaga kerja. Perkembangan sector perdagangan di Indonesia, diiringi dengan semakin pesatnya pertumbuhan sector perdagangan eceran atau ritel. Ritel sendiri diklasifikasikan berdasarkan jenisnya yakni ritel modern dan ritel tradisional. Keberadaan ritel modern yang semakin menjangkau bahkan ke pelosok kampong dan pemukiman masyarakat tentu saja memberikan dampak pada ritel tradisional yang telah lebih dulu ada ditengah masyarakat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat persaingan dan strategi yang digunakan pedagang ritel tradisional di Kelurahan Rampal Celaket, Malang dalam menghadapi persaingan serta dampaknya pada penjualan dengan metode pendekatan Structure, Conduct, Performance. Tujuan penelitian ini adalah: (i) mengetahui apakah ada pengaruh dari penghalang masuk, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok dan produk pengganti terhadap Strategi Bersaing. (ii) mengetahui apakah ada pengaruh langsung penghalang masuk, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok dan produk pengganti terhadap Omset pedagang. (iii) mengetahui apakah ada pengaruh tidak langsung antara penghalang masuk, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok dan produk pengganti terhadap Omset melalui Strategi Bersaing. Penelitian ritel tradisional ini membuktikan adanya pengaruh langsung dan tidak langsung antara fungsi dari Struktur yakni variabel penghalang masuk, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok dan produk pengganti terhadap Strategi Bersaing dan Omset pedagang. Dimana pengaruh langsung dari fungsi struktur terhadap kinerja lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/212/051604427
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 May 2016 13:04
Last Modified: 28 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108624
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item