Restrukturisasi Status Rumah Sakit Umum Daerah Padangan Bojonegoro Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Menjadi Badan Layanan Umum Daerah

Apriliyanto, DimasRahardiyan (2016) Restrukturisasi Status Rumah Sakit Umum Daerah Padangan Bojonegoro Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Menjadi Badan Layanan Umum Daerah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses restrukturisasi status RSUD Padangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), berbagai hambatan yang dihadapi oleh rumah sakit ketika akan menjadi BLUD beserta solusi atas hambatan tersebut dan berbagai manfaat atau kerugian yang diterima oleh pasien maupun pihak rumah sakit ketika akan menjadi BLUD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dengan pihak RSUD Padangan dan berbagai dokumen yang diperoleh secara langsung dari RSUD Padangan. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur kelayakan RSUD Padangan untuk menjadi BLUD dengan mengggunakan dua indikator yaitu indikator pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan indikator kinerja keuangan yang dimiliki oleh RSUD Padangan dengan menggunakan meotde CRR. Peneliti juga menganalisa mengenai proses perubahan Rumah Sakit Umum Padangan yang sebelumnya SKPD menjadi BLUD dengan cara membandingkan prosedur yang ada dalam praturan perundangan yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLUD dengan realita dilapangan. Berdasarkan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa RSUD Padangan layak untuk ditingkatkan menjadi BLUD dan hasil dari proses restrukturisasi yang dilakukan oleh RSUD Padangan terdapat berbagai perubahan yaitu perubahan pada struktur organisasi, perubahan perekrutan tenaga kerja, perubahan pengelolaan dan pengadaan aset serta perubahan pengelolaan keuangan. Dengan menjadi BLUD diharapakan RSUD Padangan dapat meningkatkan kinerja pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan lebih mandiri dalam membiayai seluruh kegiatan operasionalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/21/051603115
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2016 08:37
Last Modified: 28 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108621
[thumbnail of Skripsi_Dimas_Rahardiyan_Apriliyanto_(125020307111009).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Dimas_Rahardiyan_Apriliyanto_(125020307111009).pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item