Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kredit Bermasalah Bank Umum Konvensional dan Pembiayaan Bermasalah Bank Umum Syariah.

Putri, ElsaPradika (2016) Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kredit Bermasalah Bank Umum Konvensional dan Pembiayaan Bermasalah Bank Umum Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit atau pembiayaan merupakan hal yang dinilai sangat penting dalam mempengaruhi stabilitas usaha bank sehingga diperlukan pengelolaan kredit atau pembiayaan sebaik mungkin untuk menekan terjadinya risiko kredit atau pembiayaan bermasalah. Terjadinya kredit atau pembiayaan bermasalah dapat dipengaruhi faktor internal maupun eksternal. Dimana faktor internal berkaitan dengan kebijakan atau manajemen dalam bank tersebut, sementara faktor eksternal berkaitan dengan keadaan makroekonomi di Indonesia sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor internal yang berupa LDR atau FDR dan CAR dan faktor eksternal yang berupa PDB, inflasi, dan BI rate terhadap kredit bermasalah bank umum konvensional dan pembiayaan bermasalah bank umum syariah. Metode analisa data yang digunakan ialah dengan regresi linier berganda dengan model Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama LDR atau FDR, CAR, PDB, inflasi, dan BI rate mempengaruhi kredit bermasalah bank umum konvensional dan pembiayaan bermasalah bank umum syariah dalam jangka pendek dan jangka panjang. LDR atau FDR berpengaruh negatif terhadap kredit atau pembiayaan bermasalah pada jangka panjang, namun tidak berpengaruh pada jangka pendek. CAR berpengaruh positif terhadap kredit bermasalah bank umum konvensional baik pada jangka pendek maupun jangka panjang, sementara untuk bank umum syariah, CAR tidak berpengaruh pada jangka pendek namun berpengaruh secara negatif pada jangka panjang. PDB berpengaruh positif terhadap kredit bermasalah bank umum konvensional baik pada jangka pendek maupun jangka panjang, sementara pada pembiayaan bermasalah bank umum syariah, PDB tidak berpengaruh pada jangka pendek dan berpengaruh positif pada jangka panjang. Inflasi tidak mempengaruhi kredit bermasalah bank umum konvensional baik pada jangka pendek maupun jangka panjang, sementara pada bank umum syariah, inflasi berpengaruh negatif terhadap pembiayaan bermasalah pada jangka pendek namun tidak berpengaruh pada jangka panjang. BI rate tidak berpengaruh terhadap kredit bermasalah bank umum konvensional dan pembiayaan bermasalah bank umum syariah jangka pendek namun berpengaruh positif terhadap kredit bermasalah bank umum konvensional dan berpengaruh negatif terhadap pembiayaan bermasalah bank umum syariah pada jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/192/051604184
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 May 2016 14:49
Last Modified: 28 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108600
[thumbnail of LENGKAP.pdf]
Preview
Text
LENGKAP.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item