Pengaruh Price Discount Framing Dan Need For Cognition Terhadap Attitude Dan Intention Konsumen Dalam Membeli Tiket Konser Musik (Studi Kasus Pada Konser Musik Harmonica 2016)

Humaerah, Aisyah (2016) Pengaruh Price Discount Framing Dan Need For Cognition Terhadap Attitude Dan Intention Konsumen Dalam Membeli Tiket Konser Musik (Studi Kasus Pada Konser Musik Harmonica 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian terdahulu telah menyatakan bahwa terdapat pengaruh potongan harga dan kebutuhan untuk berfikir terhadap sikap dan intensi konsumen dalam membeli produk maupun jasa melalui objek pada departement store dan pedagang retail. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount framing dan need for cognition pada sikap dan intensi konsumen dalam membeli tiket konser musik. Objek penelitian ini adalah konser musik HARMONICA 2016. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini menggunakan empat macam kombinasi poster ukuran A3 sebagai stimulus eksperimen. Potensial partisipan yang dipilih untuk penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang yang menjadi pasar potensial para konsumen konser musik antara lain: mahasiswa siswa sekolah menengah atas dan umum. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang pernah membeli tiket konser musik yang terbagi dalam empat kelompok eksperimen. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. MANOVA digunakan untuk menguji pengaruh dari variabel independen penelitian (price discount framing dan need for cognition) terhadap variabel dependen penelitian (sikap dan intensi konsumen dalam membeli). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil dari penelitian ini adalah price discount framing tidak berpengaruh pada sikap dan intensi dalam membeli tiket konser musik, need for cognition berpengaruh pada sikap dan intensi konsumen dalam membeli tiket konser musik dan tidak terdapat interaksi antara price discount framing dan need for cognition pada sikap dan intensi konsumen dalam membeli tiket konser musik. Oleh karena itu, penting bagi seorang sosial marketer untuk memperhatikan pembingkaian pesan diskon dalam suatu iklan agar dapat mempengaruhi sikap dan intensi konsumen. Selain itu, para pemasar juga dituntut untuk lebih selektif dalam memasukkan informasi ke dalam pesan dan menyesuaikan isi pesan dengan karakteristik konsumen untuk meyakinkan konsumen dalam peningkatan sikap dan intensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/191/051604183
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 May 2016 13:42
Last Modified: 28 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108599
[thumbnail of 125020200111103_AISYAH_HUMAERAH.pdf]
Preview
Text
125020200111103_AISYAH_HUMAERAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item