Peran Industri Manik-Manik Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus : Sentra Industri Manik-Manik Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang)

Firdausi, AfiniFajrul (2016) Peran Industri Manik-Manik Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus : Sentra Industri Manik-Manik Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri manik-manik di Desa PlumbonGambang, Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, merupakan industri unggulan yang ada di Kabupaten Jombang, dimana industri manik-manik ini telah memasarkan produknya ke luar negeri dan luar jawa. Bahan baku manik-manik ini berasal dari limbah kaca yang kemudan dilebur dan diolah menjadi manik-manik jadi dan siap dirangkai. Semua pengusaha manik-manik masih menggunakan tenaga kerja yang sedikit dan seluruh proses pembuatan manik-manik masih dikerjakan secara manual dan masih menggunakan alat-alat tradisional. Produk yang dihgasilkan oleh industri manik-manik dalam bentuk accesoris perempuan berupa kalung, gelang, bros, gantungan kunci dan lain-lain. Desa ini telah menjadi pusat sentra pembuatan manik-manik sejak lama sehingga mata pencaharian masyarakat Desa plumbon mayoritas sebagai pengusaha atau pengrajin manik-manik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri manik-manik di Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Faktor- faktor yang digunakan untuk menganalisis penyerapan tenaga kerja diantaranya yaitu tingkat upah, modal usaha, omzet penjualan, dan lama usaha. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linear berganda atau OLS. Dalam penelitian ini menggunakan sensus sebesar 40 unit usaha manik-manik. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa variabel upah (X1), modal usaha (X2), omzet penjualan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, sedangkan variabel lama usaha (X4) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di industri manik-manik Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/148/051603859
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2016 15:37
Last Modified: 28 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108550
[thumbnail of skripsi_pdf.pdf]
Preview
Text
skripsi_pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item