Analisis Sumber Pembiayaan UMKM (Studi Pada Sentra Pengrajin Tas di Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo

Azhari, MuhammadAditya (2015) Analisis Sumber Pembiayaan UMKM (Studi Pada Sentra Pengrajin Tas di Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi UMKM tas di Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dalam memilih sumber pembiayaannya serta apa alasan UMKM dibalik memilih sumber pembiayaan tersebut dan untuk mengetahui bagaimana dampak sumber pembiayaan terhadap perkembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif-deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Desa Kedensari menggunakan sumber-sumber pembiayaan yang meliputi modal keluarga, pinjaman bank serta kemitraan, baik dengan BUMN maupun toko-toko kecil, dimana pinjaman dari bank menjadi sumber pembiayaan yang banyak dipilih. Alasan-alasan yang melatar-belakangi pemilihan sumber pembiayaan tersebut berdasar pada rasionalitas dalam hal teknis yang meliputi bunga yang terjangkau dan kemudahan dalam proses memperolehnya. Adanya sumber pembiayaan turut pula meningkatkan pendapat yang dapat dilihat dari bertambahnya jumlah tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/12/051603106
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 May 2016 08:54
Last Modified: 28 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108519
[thumbnail of SKRIPSI_M._Aditya_Azhari.pdf] Other
SKRIPSI_M._Aditya_Azhari.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item