Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Di Desa Banjaragung, Kabupaten Jombang Pada Industri Sepatu Sebagai Bentuk Kontribusi Terhadap Ekonomi Keluarga

Wanda, OlgaClaudiaGusti (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Di Desa Banjaragung, Kabupaten Jombang Pada Industri Sepatu Sebagai Bentuk Kontribusi Terhadap Ekonomi Keluarga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi curahan waktu kerja wanita di Desa Banjaragung Kabupaten Jombang pada industri sepatu dan juga untuk melihat seberapa besar kontribusinya terhadap ekonomi keluarga. Faktor-faktor yang digunakan untuk menganalisis besarnya curahan waktu kerja wanita diantaranya yaitu usia, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan, pendapatan suami dan pendapatan.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda atau OLS. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah sebanyak 61 responden dari total 72 populasi, penentuan besarnya jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin. Penentuan sampel dengan menggunakan metode random sampling. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa variabel usia (X1), dan pendapatan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita, variabel pendapatan suami (X4) menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan, variabel jumlah tanggungan keluarga (X2) dan pendidikan (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita di Desa Banjaragung Kabupaten Jombang pada industri sepatu. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kerja wanita berkontribusi terhadap ekonomi keluarga sebesar 60% sampai dengan 69% dengan jumlah responden sebanyak 29 responden.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/1/051603095
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 May 2016 09:39
Last Modified: 28 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108496
[thumbnail of Lembar_Pengesahan_Skripsi.PDF]
Preview
Other
Lembar_Pengesahan_Skripsi.PDF

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Pernyataan.PDF]
Preview
Other
Surat_Pernyataan.PDF

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan_Skripsi.PDF]
Preview
Other
Lembar_Persetujuan_Skripsi.PDF

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item