Respati, DimasIndra (2015) Audit Operasional Fungsi Pemasaran Sebagai Upaya Penilaian Efisiensi Dan Efektivitas Pada Museum Satwa Di Kota Batu”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Propinsi Jawa Timur, khususnya Kota Batu dengan potensi daerah yang ada telah berbenah diri untuk menjadi kota tujuan utama wisata sesuai dengan program pengembangan wisata kota yang telah dicanangkan oleh Pemkot Batu. Dengan adanya Museum Satwa untuk melengkapi objek wisata yang lain yang sudah ada seperti Jatim Park I dan BNS, diharapkan agar warga Kota Batu tidak perlu jauh-jauh keluar dari Kota Batu untuk sekedar mencari objek wisata, membantu Pemkot Batu untuk mengurangi jumlah pengangguran, untuk mengembangkan pemerataan pembangunan, dan juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Namun kurangnya minat masyarakat untuk mengunjungi museum menjadi salah satu masalah yang dihadapi Museum Satwa agar bisa menjaga jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Oleh karena itu, penerapan strategi manajemen yang tepat dalam pengelolaan bisnis wisata khususnya dibidang pemasaran harus dilakukan oleh manajemen Museum Satwa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan pengumpulan data dengan interview dan dokumentasi di Museum Satwa secara langsung. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Terperinci Analisis Deskriptif Kualitatif dengan 3 elemen, yaitu Criteria, Causes, dan Effect terhadap 6 aspek perusahaan untuk menganalisis keefisiensian dan keefektivitasan kegiatan pemasaran Museum Satwa dari segi audit operasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selama 4 tahun terakhir semenjak didirikan, Museum Satwa Batu secara keseluruhan telah menjalankan kegiatan pemasarannya dengan baik, efektif dan efisien namun ada beberapa hal yang harus mendapatkan perbaikan karena dampaknya terkait dengan tujuan utama pemasaran yang dilakukan manajemen Jatim Park 2 khususnya Museum Satwa untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Dengan keadaan tersebut, Museum Satwa Batu hendaknya mempertahankan kinerja pemasarannya dan terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan prima untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pengunjung dan juga untuk efisiensi agar mendapatkan hasil kerja yang lebih efektif.
English Abstract
East Java, especially Batu city with the existing of regional potential has been improving itself to become a major tourist destination city in the way with the citys tourism development program which has been endorsed by the Government of Batu city. The attraction of Museum Satwa to complement other existing ones such as Jatim Park I and Batu Night Spectacular (BNS), it is expected that the residents of Batu do not have to go far out from Batu city to simply search for attractions, helping the municipal government to reduce the number of unemployed, to develop equitable development, and also to increase revenue. But the lack of interest of the society to visit museum became one of the problems faced by Museum Satwa in order to keep the number of visitors who come every day. Therefore, the implementation of appropriate management strategies in the management of tourism businesses, especially in marketing should be done by the management of Museum Satwa. This study is a qualitative research using interviews and documentation as data collection directly from Museum Satwa. The approach used in this research is qualitative descriptive approach with Detailed Analysis with three elements, namely Criteria, Causes and Effects of the six aspects of the company to analyze the efficiency and effectiveness of marketing activities Museum Satwa in terms of operational audits. The results of this study indicate that during the last 4 years since its founding, the overall Museum Satwa has run its marketing activities with good, effective and efficient, but there are some things that should get some corrections because it is related with the main purpose of marketing which is done by Jatim Park 2 particularly the management of Museum Satwa to get many visitors. With these circumstances, Museum Satwa should maintain its marketing performance and continue to improve the quality and excellent service quality to satisfy and meet the needs of visitors and also for efficiency in order to obtain a more effective work.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/85/051501732 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Mar 2015 07:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108480 |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI_SKRIPSI_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_SKRIPSI_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV_SKRIPSI_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Judul_SKRIPSI_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR_SKRIPSI_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_DIMAS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
lembar_persetujuan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
surat_pernyataan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_SKRIPSI_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II_SKRIPSI_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III_SKRIPSI_Revisi_Akhir_DIMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |