Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Cadangan Penghapusan Kredit terhadap Kredit Bermasalah (Non Performing

Wandadari, DyahAyu (2016) Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Cadangan Penghapusan Kredit terhadap Kredit Bermasalah (Non Performing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan bagian dari lembaga keuangan yang memiliki fungsi intermediasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut dalam bentuk kredit. Kredit yang disalurkan oleh pihak bank memiliki potensi terjadinya kredit bermasalah, karena semakin banyak kredit yang disalurkan maka semakin besar pula kredit bermasalah yang harus ditanggung oleh pihak bank. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Cadangan Penghapusan Kredit terhadap Kredit Bermasalah (Non Pereforming Loan) Bank Umum di Indonesia. Sampel penelitian ini menggunakan 5 bank umum yang mempunyai asset tertinggi dan metode yang digunakan adalah dengan Metode data panel. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adiquacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Cadangan Penghapusan Kredit sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah Kredit Bermasalah (Non Performing Loan). Hasil pembahasan menunjukan bahwa secara simultan variabel Independen berpengaruh signifikan terhadap kredit bermasalah (Non Performing Loan). Hasil secara parsial dengan uji t menunjukan bahwa CAR, LDR, BOPO, dan Cadangan Penghapusan Kredit berpengaruh signifikan dan positif terhadap kredit bermasalah (Non Performing Loan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/821/051603092
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 16 May 2016 09:28
Last Modified: 28 Oct 2021 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108459
[thumbnail of Dyah.pdf]
Preview
Text
Dyah.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item