Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Antara Bank Nasional, Bank Campuran Dan Bank Asing Dengan Menggunakan Pendekatan Rgec (Studi Pada Bank Umum Dengan Modal Inti Diatas 5 Triliun Rupiah)

Sari, AsriKarnita (2015) Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Antara Bank Nasional, Bank Campuran Dan Bank Asing Dengan Menggunakan Pendekatan Rgec (Studi Pada Bank Umum Dengan Modal Inti Diatas 5 Triliun Rupiah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perbankan merupakan industri yang mendapat perhatian besar dari pemerintah, karena sektor perbankan dapat mempengaruhi kesejahteraan rakyat dan laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu akan sangat penting bagi perbankan untuk menjaga kinerja dan kesehatan bank. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kesehatan bank antara bank nasional, bank campuran dan bank asing. Penilaian terhadap tingkat kesehatan bank menggunakan pendekatan berbasis risiko yaitu pendekatan RGEC. Faktor penilaian yang dianalisis adalah Faktor Risk Profile, Earning dan Capital. Variabel yang digunakan adalah NPL, LDR dan PDN yaitu untuk mengukur faktor Risk Profile, ROA dan NIM untuk mengukur faktor Earning dan CAR untuk mengukur faktor Capital. Pengujian statistik juga dilakukan yaitu dengan melakukan uji beda terhadap hasil rata-rata kelompok bank dengan melakukan uji One-Way Anova. Periode penelitian ini dari tahun 2010-2014 dengan sample bank dengan modal inti ditas 5 triliun rupiah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penilaian ketiga kelompok bank menunjukan hasil yang baik dengan predikat bank sehat. Hal tersebut ditunjukan dengan penilaian faktor Risk Profile, Earning dan Capital. Sedangkan untuk hasil penilaian tingkat kesehatan yang paling baik adalah kelompok bank nasional. Dimana kelompok bank nasional memiliki hasil akhir peringkat komposit 1 dengan predikat bank sangat sehat, sedangkan untuk kelompok bank asing dan campuran memiliki hasil peringkat komposit 2 dengan predikat bank sehat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/794/051603066
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Apr 2016 14:44
Last Modified: 27 Apr 2016 14:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108427
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item