Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Malang (Study Kasus Pedagang Kaki Lima Di Wisata Belanja Tugu Kota Malang)

Pamungkas, ZhafrilSetio (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Malang (Study Kasus Pedagang Kaki Lima Di Wisata Belanja Tugu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangan kota-kota di Indonesia, sektor informal merupakan salah satu sektor yang banyak diminati oleh masyarakat. Mereka menjajakan barang dagangan dengan memakai gerobak atau membuka lapak dipinggir-pinggir jalan. Dalam hal demikian sektor informal memberikan dampak yang positif dan negatif pada kondisi lingkungan sekitar yang di tempati oleh sektor informal. Keadaan seperti ini diperlukan perhatian dari pemerintah kota dikarenakan kondisi ruas jalan yang ditempati pedagang kaki lima menyebabkan kemacetan dan lingkungan menjadi tidak bersih. Akan tetapi di sisi lain sektor informal dapat menyumbang pedapatan asli daerah melalui retrebusi dan dapat mengurangi pengangguran. Salah satu bentuk peran pemerintah dalam mengatasi pedagang kaki lima di Kota Malang adalah melakukan penempatan para pedagang kaki lima di Wisata Belanja Tugu Kota Malang. Wisata Belana Tugu Kota Malang merupakan salah satu obyek wisata di Kota malang yang berlokasi di perempatan Jalan Semeru ( depan Stadion Gajahyana) yang buka pada hari minggu pagi antara jam 06.00 sampai 12.00. Lokasi tersebut menyediakan wisata kuliner dan berbagai kerajinan dan souenir serta berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa peranan modal, usia, dan pendidikan mempunyai pengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini xv menunjukkan peranan modal, usia, dan pendidikan mempunyai pengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Wisata Belanja Tugu Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/787/051603060
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 17 May 2016 14:33
Last Modified: 28 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108420
[thumbnail of FAKTOR_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PENDAPATAN.pdf]
Preview
Text
FAKTOR_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PENDAPATAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item