Perilaku Konsumen Jasa Moda Trasnportasi Kereta Api (Studi Pada Mahasiswa Migran Dari Jakarta Di Universitas Brawijaya Malang)

Prilyanda, FaradillaAriantisyah (2015) Perilaku Konsumen Jasa Moda Trasnportasi Kereta Api (Studi Pada Mahasiswa Migran Dari Jakarta Di Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transportasi secara umum mempunyai pengaruh besar terhadap perorangan, masyarakat pembangunan ekonomi, dan sosial politik suatu negara. Maka dari itu transportasi harus di tata dalam 1 sistem transportasi nasional secara terpadu, dan mampu mewujudkan tersedianya jasa transportasi yang serasi dengan tingkat kebutuhan pelayanan yang aman, nyaman, cepat, tepat, teratur dan tentunya dengan biaya yang terjangkau oleh daya beli masyarakat. Untuk itu, perlu dikembangka dengan memperhitungkan karakteristik dan keunggulan moda yang bersangkutan dalam kaitannyadengan jenis dan volum yang diangkut serta jarak tempuh yang harus dilayani. Salah satu jenis moda transportasi yang dapat memenuhi persyaratan atau kriteria-kriteria itu adalah Kereta Api. Saat ini banyak pelajar-pelajar di seluruh Indonesia terutama pelajar yang berasal dari Jakarta yang bermigrasi kedaerah-daerah, dengan salah satu tujuan di Kota Malang. Migrasi terjadi karna adanya faktor daya tarik yang terdapat di kota tersebut. Faktor daya tarik dari Kota Malang salah satunya adalah pendidikan. Migrasi yang dilakukan para pelajar ke Kota Malang berdampak pada sistem transportasi yang pada daerah tersebut, sehingga terjadinya permintaan penawaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen permintaan jasa moda transportasi kereta api pada mahasiswa migrant yang berasal dari Jakarta di Univesitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagi mahasiswa migrant yang berasal dari Jakarta, seluruh kebutuhan akan transportasi perjalana sangat berpengaruh terhadap harga tiket jasa kereta api dan peningkatan kualitas pelayanan. Karena dapat kita ketahui bahwa pelayanan yang baik akan menciptakan peluang yang antusias terhadap konsumen (mahasiswa).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/744/051600207
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:40
Last Modified: 28 Oct 2021 01:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108373
[thumbnail of PERILAKU_KONSUMEN_JASA_MODA_TRANSPORTASI_KERETA_API_-_FARADILLA_ARIANTISYAH_PRILYANDA.pdf]
Preview
Text
PERILAKU_KONSUMEN_JASA_MODA_TRANSPORTASI_KERETA_API_-_FARADILLA_ARIANTISYAH_PRILYANDA.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item