Prinsip Dan Penerapan Produk Pembiayaan Dana Talangan Haji Serta Implikasinya Terhadap Aspek Keuangan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah Malang)

Cahyani, ArindahDwi (2015) Prinsip Dan Penerapan Produk Pembiayaan Dana Talangan Haji Serta Implikasinya Terhadap Aspek Keuangan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip dana talangan haji secara ajaran Islam dan pelaksanaannya di lapangan serta implikasinya terhadap aspek keuangan perbankan. Objek penelitian ini adalah produk pembiayaan talangan haji yang ditawarkan oleh BTN Syariah Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah prinsip dana talangan haji diperbolehkan oleh beberapa ulama dan sesuai dengan Fatwa DSN-MUI. Implikasi dari dana talangan haji ini dari segi aspek keuangan BTN Syariah mengalami kenaikan yang cukup besar pada tahun 2012 dan 2013, namun mengalami penurunan pada tahun 2014 dan 2015 dikarenakan adanya pelarangan dana talangan haji dari Kementerian Agama RI. Secara umum, dana talangan haji berdampak besar bagi beberapa pihak terutama calon jamaah haji yang murni menjadi semakin panjang daftar tunggu haji akibat banyaknya peminat dana talangan haji. Bagi perbankan yang memiliki nasabah talangan haji dapat meneruskan operasional pembiayaan tersebut. Aktivitas pembiayaan talangan haji dihentikan mulai tahun 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/711/051600174
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2016 13:44
Last Modified: 27 Oct 2021 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108337
[thumbnail of skripsiku.pdf]
Preview
Text
skripsiku.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item