Cahyani, NinikAris (2015) Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Kunjungan Kembali Ke Tempat Tujuan Wisata (Studi Pada Wisatawan Di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner terhadap semua orang yang pernah mengunjungi objek wisata Kota Batu. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diperoleh temuan bahwa variabel lingkungan yang bersih (X1), keamanan (X2), alam (X3), belanja (X4), kendaraan (X5), ikatan sosial (X6), sikap terhadap merek kota (X7), berpengaruh simultan dan signifikan terhadap variabel keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata. Artinya ketujuh variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh secara bersama-sama bagi keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata Kota Batu. Variabel lingkungan yang bersih (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata Kota Batu. Variabel sikap terhadap merek Kota (X7) berpengaruh dominan terhadap keputusan kunjungan kembali ke tempat tujuan wisata di Kota Batu.
English Abstract
The purpose of this study is to determine the influence of city branding toward revisiting decision in tourism destination. The type of this research is explanatory research that explain the causal relationship between variables using hypothesis testing. Data is collected through a questionnaire giving to everyone who ever visited tourism destination in Batu City. The sampling technique use purposive sampling and obtained a sample of 100 respondents. The hypothesis testing use multiple regression analysis. Based on the results, it is found that seven variables of city branding concept including a clean environment (X1), safety (X2), nature (X3), shopping (X4), transport (X5), social bonding (X6), city brand attitudes (X7), have significant influence toward revisiting decision in tourism destination simultaniously. Clean environment variable (X1) has not significant influence toward revisiting decision in tourism destination. Variabel city brand attitude (X7) is the dominant variable to give influence on revisiting decision in tourism destination in Batu City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/670/ 051508505 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:08 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |