Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Perspsi Keyakinan, Persepsi Kredibilitas, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Banking

Farida, Uun (2015) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Perspsi Keyakinan, Persepsi Kredibilitas, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Banking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan layanan electronic banking dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan electronic banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0M3. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kredibilitas berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking. Sebaliknya konstruk persepsi kemudahan, persepsi keyakinan dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis electronic banking agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi electronic banking pada sistem perbankannya.

English Abstract

This study purposes to examine the factors that influence attitude to use electronic banking services by modified a model of Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis in 1989. This study used a survey to obtain data. Respondents this study were 195 university students majoring in accounting Economic and Business Faculty of Brawijaya University in Malang ever used an electronic banking service. The data were analyzed by using Partial Least Square (PLS) version 2.0M3 software. The result of analysis for this model shows that the construct perceived usefulness and perceived credibility the intention to use internet banking. Even though that perceived ease of use construct, perceived self efficacy and trust did not influence the intention to use mobile banking. The implication of this research is relevant to the management banking company and mobile banking analyst to consider factor of ease of use, and compatibility in applying and developing electronic banking transaction in the banking system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/664/ 051508499
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2015 09:14
Last Modified: 27 Nov 2015 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108284
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item