Analisis Sistem Pengendalian Internal Penjualan Dan Pembelian E-Commerce Berbasis Forum (Studi Kasus Pada Forum Jual Beli Kaskus)

Nusa, AdikrishnaSatria (2015) Analisis Sistem Pengendalian Internal Penjualan Dan Pembelian E-Commerce Berbasis Forum (Studi Kasus Pada Forum Jual Beli Kaskus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Forum Jual Beli Kaskus adalah salah satu media berjualan dengan media internet. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di FJB Kaskus ini adalah untuk mengetahui seberapa baik sistem pengendalian internal pada Forum Jual Beli Kaskus. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana prosedur kegiatan penjualan dan pembelian yang terjadi pada Forum Jual Beli Kaskus dan bagaimana sistem pengendalian internal pada Forum Jual Beli Kaskus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terdapat sistem pengendalian yang cukup baik pada Forum Jual Beli Kaskus dengan beberapa kekurangan. Sebagian kekurangan banyak berasal dari bentuk alami e-commerce sendiri dan merupakan resiko yang melekat pada Forum Jual Beli Kaskus. Perbaikan atas kelemahan sistem yang dapat dilakukan antara lain adalah dengan memperbaiki peraturan transaksi Forum Jual Beli Kaskus dan menambah jumlah admin dan moderator forum.

English Abstract

Kaskus Market Forum is one of the popular e-commerce that used in buying and selling things. The purpose of research that was done in Kaskus market forum is to recognize how good the internal control system is. This reseach has descriptive nature and will explain how is the buying and selling procedure in Kaskus Market Forum and how good the internal control system in Kaskus Market Forum. The result of this reseach show that Kaskus Market Forum already has a good internal control system although it still have some weaknesses. Most of the weaknesses comes from the nature of ecommerce and is a coherent risk on Kaskus Market Forum. This weakness can be covered by increasing the number of moderators and updating the rules of transaction in Kaskus Market Forum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/619/ 051508453
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Nov 2015 10:24
Last Modified: 23 Nov 2015 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108234
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item