Mayuriidz, RahardianIndra (2015) Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Reaksi Pasar Dengan Risiko Pasar Sebagai Variabel Moderasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari praktik manajemen laba terhadap reaksi pasar. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah reaksi pasar yang diukur menggunakan cumulative abnormal return (CAR). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajamen laba yang diukur menggunakan proksi akrual diskresioner. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari sejumlah 131 perusahaan ditetapkan sampel sejumlah 69 perusahaan. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling. Kriteria perusahaan yang digunakan adalah perusahaan manufaktur pada tahun bersangkutan, dan menerbitkan laporan berkelanjutan, menggunakan mata uang yang seragam (rupiah), data lengkap serta menghasilkan laba. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis regresi ordinary least square dan uji f setelah memenuhi beberapa syarat pengujian dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen laba memberikan pengaruh positif terhadap reaksi pasar. Hal ini dapat dilihat pada uji f dengan tingkat signifikansi 5%. Disamping itu hasil penelitian ini menunjukkan risiko pasar tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam hubungan manajemen laba terhadap reaksi pasar.
English Abstract
This study aim to examine the impact of earning management practice on market reaction. Independent variable used in this study is market reaction which measured using cumulative abnormal return (CAR). Dependent variable used in this study is earning management which measured using proxy of discretionary accrual. This study was conducted on Manufacture companies which listed at Indonesia Stock Exchange (IDX). From population of 131 companies 69 companies were taken as sample. Sampling method used is through purposive sampling method. Companies criteria are a manufactur company during the year which publish sustainable annual report, using same currency on its financial report, had a complete information and also generate profits. The collected data is analyzed by ordinary least square regression analysis and f test after meet several test requirements and classic assumption. The result of the study shows that earning management practice have positive effect on market reaction. This result can be proved in f test with 5% significantly level. On the other hand this study also shows us that market risk have no significant influence on the correlation of earning management practice on market reaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/615/ 051508449 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 10:43 |
Last Modified: | 20 Nov 2015 10:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108230 |
Actions (login required)
View Item |