Lubis, NoviTriaIndriawati (2015) Minat Individu Terhadap Penggunaan Rekening Ponsel: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (Tam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan layanan Rekening Ponsel dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Faktor-faktor yang memengaruhi 11 minat individu untuk menggunakan Rekening Ponsel dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan sikap (attitude). Penelitian ini dilakukan di sebuah Restoran Kota Surabaya dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 55 orang karyawan yang menggunaka layanan Rekening Ponsel. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0 M3. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan rekening Ponsel, serta konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan rekening ponsel. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan Rekening Ponsel dipengaruhi oleh sikap, serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen bank dan analis Rekening Ponsel agar memperhatikan kembali faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan rekening ponsel dalam mengembangkan sistem informasinya.
English Abstract
The aim of this research is to examine the factors which affect individual intention in using mobile account service. Those factors are perceived of usefulness, perceived ease of use, and attitude. This research was conducted in 1914 Restaurant at Surabaya city with survey as 10 research method. The data were collected from the responses of 55 employees who used mobile account service. In analyzing the data, the researcher used software of Smart PLS ver. 2.0 M3. The results of the analysis indicate that construction of perceived of usefulness and perceived ease of use affected attitude to use mobile account service and construction of attitude affected intention to use mobile account. Moreover, the individual intention in using mobile account affected by attitude and variable of attitude affected by perceived of usefulness, and perceived ease of use.Implication of this research is relevant for bank management and mobile account analyst to examine the factors which affect individual attention in using mobile account especially in developing system information.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/589/ 051508423 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 16:27 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 16:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108200 |
Actions (login required)
View Item |