Implementasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada sektor UMKM (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk cabang Batu ).

Ardiansyah, Fidi (2015) Implementasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada sektor UMKM (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk cabang Batu ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang sangat penting, tercermin dari berbagai data yang mendukung eksistensi UMKM dalam perekonomian Indonesia cukup dominan menghadapi krisis. Perkembangan sektor UMKM ini belum sepenuhnya optimal karena masih adanya permasalahan-permasalahan yang menghambat produktivitas UMKM terutama yaitu mengenai terbatasnya permodalan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM adalah dengan menciptakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bertujuan untuk membantu permodalan bagi pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan permasalahan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur ,Tbk cabang Batu pada sektor UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat mendalam, karena penelitian ini ingin mengetahui mengenai implementasi penyaluran KUR pada sektor UMKM di tempat penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah bahwa masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan bank-bank pelaksana merupakan dana hibah dari pemerintah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan Bank Jatim, masih ada yang belum efektif atau belum tepat sasaran, karena masih ada nasabah yang tidak menggunakan realisasi dananya untuk keberlangsungan usahanya, melainkan digunakan untuk kebutuhan pribadinya atau kebutuhan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/533/051506252
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2015 15:07
Last Modified: 01 Nov 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108142
[thumbnail of FULLSKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULLSKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item