Karisma, RakhmahHarum (2015) Perancangan Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Pada Institusi Kesehatan (Studi Kasus Di Puskesmas Gunung Anyar Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan rancangan penilaian kinerja pada institusi kesehatan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard serta untuk mengetahui kekurangan dari penilaian kinerja yang sudah ada. Obyek penelitian ini adalah Puskesmas Gunung Anyar Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Analisis dilakukan dengan membandingkan pelaksanaan manajemen Puskesmas pada Puskesmas Gunung Anyar Surabaya dengan teori mengenai Balanced Scorecard untuk menentukan sasaran strategis dan indikator kinerja yang relevan dalam rancangan penilaian kinerja Puskesmas Gunung Anyar Surabaya dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran strategis dari perspektif pelanggan adalah menciptakan kepuasan masyarakat sebagai pelanggan utama Puskesmas. Sasaran strategis dari perspektif keuangan adalah penyetoran pendapatan retribusi secara tepat waktu, melaksanakan anggaran dengan efektif, dan melaksanakan anggaran dengan efisien. Sasaran strategis dari perspektif proses internal adalah memahami pelanggan, melakukan inovasi, melaksanakan proses operasi dengan efektif, dan menjalin kerja sama kemitraan dengan sekolah. Sasaran strategis dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di posisi strategis, mengukur pelatihan sumber daya manusia, serta mengukur kepuasan karyawan dan keselarasan motivasi SDM dengan visi Puskesmas.
English Abstract
This research is aimed to show the performance measurement design in health institution using the Balanced Scorecard approach. The object of this research is Gunung Anyar Community health center of Surabaya. This research is a qualitative research with case study approach. Data are collected by a semistructured interview. Data are analyzed by comparing the implementation of Community helath center Based Management in Gunung Anyar Community health center of Surabaya with relevant theories about Balanced Scorecard to determine the objectives and relevant performance indicators used in the performance measurement design in Gunung Anyar Community health center of Surabayaby using the Balanced Scorecard approach. The results show that the objective of customer perspective is to create satisfaction to the public as the community health centers main customer. The objectives of the financial perspective are to give income retribution ontime, and to implement the budget effectively and efficiently. The objectives of the internal process perspective are to understand the public/ as customer and innovate continuously, to implement effective operational processes, and to do partnering with schools. The objectives of learning and growth perspectives are to meet the needs of human resource skills in a strategic position, to measure the training of human resources, to measure employees satisfaction and to measure the allignment of human resources motivation with the community health centers vision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/515/ 051506234 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 10:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 10:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108122 |
Actions (login required)
View Item |