Abel, KristianYohanes (2015) Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Alfamart Batu Permata Dan Globalmart Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mobilitas manusia yang tinggi di era yang menuntut kecepatan dan ketepatan saat ini membuat semakin berkurangnya waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyita waktu. Hal ini mendorong terciptanya perilaku instan yang dialami manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Ritel dapat menjadi solusi yang dapat ditawarkan pada konsumen untuk menyelaraskan mobilitas kegiatan manusia dengan pemenuhan kebutuhan. Ritel mampu menjadi sarana pemenuhan kebutuhan manusia yang kompleks dan bersifat instan terutama di bidang pangan. Kemampuan ritel dalam memenuhi kebutuhan konsumen membuat bisnis ini berkembang pesat. Hal ini mendorong peritel bersaing dalam merebut pasar dengan berbagai macam strategi. Salah satu strategi ritel yang digunakan yakni dengan cara melakukan pengelolaan citra toko. Namun, perkembangan itu tidak diiringi dengan persaingan bisnis yang baik sebab ritel modern jauh lebih berkembang ketimbang ritel tradisional. Fenomena tersebut terjadi sebab pasar lebih merespon strategi citra toko ritel modern yang dipandang lebih mewakilkan keinginan konsumen dan tradisional serta lebih memberikan kepuasan dan loyalitas pelanggan ketimbang ritel tradisional. Hal tersebut mendorong dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah hal serupa juga berlaku pada kondisi pasar pada ritel tradisional dan modern di Kota Malang. Penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh citra toko terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap ritel tradisional dan ritel modern di Kota Malang. Obyek penelitian ini terbagi atas dua obyek, yaitu Toko Alfamart Batu Permata yang mewakili ritel modern di Kota Malang dan Toko Globalmart yang mewakili ritel tradisional di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan yang lain. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 120 responden yang terbagi atas 60 responden di Toko Alfamart Batu Permata dan 60 responden di Toko Globalmart. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana kriteria responden yang diambil adalah mereka yang sedang berbelanja di Toko Alfamart Batu Permata dan Toko Globalmart. Alat uji yang digunakan untuk menguji penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya hipotesis dilakukan dengan melakukan uji analisis path (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel citra toko dengan kepuasan dan loyalitas dan uji beda (Independent t sample) untuk mengetahui perbedaan antara Toko Alfamart Batu Permata dan Toko Globalmart di Kota Malang. Hasil analisis jalur ini menunjukkan bahwa citra toko memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, citra toko dan kepuasan memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, citra toko juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan. Hasil uji beda sendiri menunjukkan hasil bahwa citra toko, kepuasan dan loyalitas antara Toko Alfamart Batu Permata dan Globalmart tidak berbeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/503/051506222 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Sep 2015 14:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108110 |
Preview |
Text
051506222_-_KRISTIAN_YOHANES_ABEL.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |