Prawira, IDewaMadeSatya (2015) Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memengaruhi perilaku kecurangan akademik mahasiswa menggunakan dimensi fraud diamond yang terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan model concurrent triangulation yaitu dengan menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama, baik dalam pengumpulan dan analisis data. Sampel penelitian sebesar 120 mahasiswa serta 5 informan yang merupakan mahasiswa S1 jurusan akuntansi angkatan 2011 yang aktif pada semester genap 2014/2015 di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil dari penelitian ini memperoleh bukti empiris bahwa perilaku kecurangan akademik mahasiswa dipengaruhi oleh dimensi fraud diamond. Penelitian ini juga menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana mahasiswa melakukan perilaku kecurangan akademik sehingga dapat menjadi masukan kepada lembaga terkait untuk meminimalkan perilaku kecurangan akademik.
English Abstract
This study aimed at examining the factors that influence students’ academic fraud behavior by using fraud diamond dimensions which consisted of pressure, opportunity, rationalization, and capability. This study used a mixed method with concurrent triangulation model to combine the quantitative and qualitative methods together, both during the data collection and data analysis. The samples of this study were 120 students and 5 informants from the undergraduate (S1) students majoring in accounting since 2011 who were active in the even semester in the academic year of 2014/2015 at the University of Brawijaya, the State University of Malang, and the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. This study found an evidence that the students’ academic fraud behavior was determined by fraud diamond dimensions. This study also explained why and how the students performed the academic fraud behavior, so that it could be an input to the relevant institutions to minimize the academic fraud behavior done by the students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/493/ 051506212 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 15:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 15:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108098 |
Actions (login required)
View Item |