Analisis Perilaku Pasar Benih Padi Di Kabupaten Madiun

Melantika, Prisca Cindy (2018) Analisis Perilaku Pasar Benih Padi Di Kabupaten Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan produsen benih padi yang ada di Kabupaten Madiun menjadi hal utama yang mampu menggambarkan bagaimana perilaku pasar yang terjadi. Produsen benih padi melakukan usaha dalam beradaptasi sehingga dapat membentuk perilaku pasar benih padi di Kabupaten Madiun. Perilaku pasar merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan dan menyesuaikan diri di pasar (Markham dan Papanek, 1970). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku pasar yang terjadi pada pasar benih padi di Kabupaten Madiun, yaitu metode penetapan harga, organisasi pemasaran, promosi penjualan, dan perjanjian kerjasama. Hal ini merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh produsen benih padi di Kabupaten Madiun dalam menyesuaikan diri di pasar. Pentingnya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh produsen benih padi di Kabupaten Madiun menyesuaikan diri dan mempertahankan eksistensi di pasar. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Keberadaan produsen benih padi yang ada dan memenuhi kriteria peneliti menjadi pertimbangan di dalam memilih lokasi. Penelitian ini menggunakan 12 produsen benih padi sebagai responden. Penentuan responden pada penelitian ini yaitu menggunakan metode sensus. Responden yang digunakan adalah produsen benih padi yang aktif melayani pasar bebas dengan berbagai skala usaha dan memperjualbelikan benih bersertifikat. Key informan yang digunakan yaitu Kepala BPSB (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih) Kabupaten Madiun. Selain itu responden pendukung dalam penelitian ini ialah organisasi pemasaran yang diikuti oleh produsen yang ada di pasar benih padi Kabupaten Madiun. Pengumpulan data selama penelitian yaitu melalui wawancara menggunakan kuisioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif. Metode analisis yang digunakan peneliti adalah statistic descriptive agar dapat menggambarkan perilaku pasar benih padi di Kabupaten Madiun. Metode penetapan harga yang paling banyak digunakan yaitu melihat tingkat harga di pasar dengan tujuan mempertahankan pangsa pasar. Produsen yang melakukan ialah produsen dengan skala usaha UD (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), dan POKTAN (Kelompok Tani). Metode penetapan harga dengan mempertimbangkan biaya produksi dilakukan oleh produsen dengan skala usaha PT (Perseroan Terbatas). Keberadaan produsen lain menjadi salah satu cara melihat harga benih padi yang dijual di pasaran. Organisasi yang diikuti oleh seluruh produsen yaitu HPPB (Himpunan Produsen Penangkar Benih Padi). Produsen dengan skala usaha PT (Perseroan Terbatas), UD (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), dan POKTAN (Kelompok Tani) merupakan produsen yang aktif dalam himpunan ini. Sebagian ii lain dari produsen dengan skala UD (Usaha Dagang) dan POKTAN (Kelompok Tani) merupakan produsen yang pasif. Himpunan ini menjadi wadah berkumpul, berdiskusi, bertukar informasi dan membantu memasarkan antar anggota. Kegiatan yang dilakukan yaitu diskusi anggota wilayah Kabupaten Madiun, diskusi besar di Pusat, dan iuran rutin. Promosi penjualan benih padi yang dilakukan oleh produsen yaitu dengan sistem mouth by mouth, stiker, dan sales. Produsen dengan skala UD (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), dan POKTAN (Kelompok Tani) menggunakan mouth by mouth. Penggunaan stiker dilakukan oleh produsen dengan skala PT (Perseroan Terbatas) sedangkan penggunaan sales dilakukan oleh produsen skala UD (Usaha Dagang). Pemilihan bentuk promosi yang dilakukan tergantung tiap produsen yang melakukan. Perjanjian kerjasama untuk menjalin kerjasama dilakukan oleh produsen secara informal atau tidak tertulis. Produsen melakukan kerjasama dengan pihak yang bergelut di bidang yang sama agar dapat bertahan di pasar. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh hampir semua produsen (PT, UD, CV, dan POKTAN) yaitu terkait pemenuhan input dan terkait pemasaran. Pihak yang berkontribusi menjalin perjanjian kerjasama dengan produsen adalah petani. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai perilaku pasar benih di Kabupaten Madiun, maka saran yang dapat disampaikan oleh peneliti untuk produsen yaitu lebih memperhatikan pasar agar lebih mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam menyesuaikan diri dan mempertahankan eksistensi di pasar. Saran yang dapat disampaikan peneliti untuk pemerintah yaitu pemerintah sebaiknya membantu menyediakan informasi serta sarana dan prasana yang dibutuhkan produsen benih padi, sedangkan saran untuk peneliti selanjutya yaitu dapat mengangkat permasalahan dan mencari informasi lebih banyak mengenai perilaku pasar benih padi sehingga menemukan solusi yang tepat.

English Abstract

The existence of the rice seed producers Regency Madiun became the main thing which is able to describe how market behavior going on. Paddy seed producers doing business in adapting so that it can shape the behavior of the paddy seed market in Madiun District. The behavior of the market is the work done by the company to maintain and adjust on the market (Markham and Papanek, 1970). This research aims to find out and analyze the market behavior that occurs in paddy seed market in Madiun, namely pricing methods, organization of marketing, sales promotion, and partnership agreements. This is an effort undertaken by manufacturers of seed paddy in Madiun in acclimated in the market. The importance of this research was conducted to find out how the efforts being undertaken by manufacturers of seed paddy in Madiun District, adjusting and maintaining the existence on the market. This research was conducted in the Districts of Madiun, East Java. The existence of the paddy seed producers and researchers meet the criteria into consideration in choosing a location. This research uses a 12 seed producers as the respondent. Determination of the respondents on this study that is using the method of census. Respondents who used paddy seed producers are actively serving the free market with a wide scale of business and trade in certified seed. Key informant used is Head BPSB District of Madiun. Moreover the respondent advocates in this research is a marketing organization followed by a manufacturer that is on the market of paddy seed Madiun District. Data collection for research through interviews using questionnaire. Methods used to analyze the data in this study is descriptive analysis method. Methods of analysis used descriptive statistics is a researcher in order to describe the behavior of the rice seed market in Madiun District. Pricing method is the most widely used see price levels in the market with the aim of maintaining market share. Manufacturers that do business with scale manufacturers is UD (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), and POKTAN (farmers group). Pricing method by considering the cost of production is carried out by manufacturers with business scale PT (limited liability company). The existence of other manufacturers into one way of seeing prices paddy seeds are sold in the market. Organizations that are followed by all manufacturers namely HPPB. Manufacturers with business scale PT (limited liability company), UD (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), and POKTAN (farmers group) is the active producers in this set. Some of the manufacturers with the scale of the UD (Usaha Dagang) and POKTAN (farmers group) is a manufacturer of passive. This set into the container get together, discuss, Exchange information and help to market between members. Activities performed is discussion members of the Madiun District area, the big discussion in the centre, and regular due. Promotion of the sale of seeds of paddy carried out by the manufacturer of the system's mouth by mouth, stickers, and sales. A scale manufacturer UD iv (Usaha Dagang), CV (Comanditaire Venootschap), and POKTAN (farmers group) using the mouth by mouth. The use of stickers is done by the manufacturer with the scale of the PT (limited liability company), while the use of the sales carried out by manufacturers of scale UD (Usaha Dagang). The selection of the form of promotion which is performed depending on each manufacturer that does. Cooperation agreement to establish the cooperation carried out by the manufacturer is informally written or not. Manufacturers do cooperation with parties who struggled in the same field in order to survive in the market. Forms of cooperation carried out by almost all manufacturers (PT, CV, UD, and POKTAN) that is input and the associated fulfillment related marketing. Parties who contribute to establish a cooperation agreement with the manufacturer are farmers. Based on research conducted on the behavior of seed market in Madiun, then the suggestions can be submitted by researchers for manufacturers that is paying more attention to the market to get the information needed in adjusting and maintaining the existence on the market. The suggestions can be submitted to government researchers, namely the government should help provide information as well as the means and infrastructure repair needed paddy seed, while the manufacturers suggestions for article selanjutya, namely researchers can pick up problems and looking for more information about the behavior of the paddy seed market so finding the right solution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/14/051801499
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.4 Specific products and services > 381.41 Product of agriculture > 381.413 18 Specific products (Rice)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 May 2018 03:24
Last Modified: 19 Oct 2021 23:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10809
[thumbnail of 3. BAB 2.pdf]
Preview
Text
3. BAB 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB 3.pdf]
Preview
Text
4. BAB 3.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB 6.pdf]
Preview
Text
7. BAB 6.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB 5.pdf]
Preview
Text
6. BAB 5.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB 4.pdf]
Preview
Text
5. BAB 4.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 1. BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB 1.pdf]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (106kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item