Deteksi Dini Krisis Keuangan Di Indonesia: Determinan Makro Ekonomi Tahun 1996 - 2013

Erbaviantha, BrigitaVegy (2015) Deteksi Dini Krisis Keuangan Di Indonesia: Determinan Makro Ekonomi Tahun 1996 - 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor penentu yang mempengaruhi krisis keuangan di Indonesia. Faktor penentu tersebut adalah Real Exchange Rate, pertumbuhan cadangan devisa, net ekspor-impor, rasio tingkat suku bunga kredit dan suku bunga deposito dan harga minyak dunia. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Data penelitian berupa data time series bulanan dengan periode observasi selama 1996-2013. Sumber data penelitian adalah Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia, Federal Reserve Bank of st Louis dan Badan Pusat Statistika. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model probit. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Real Exchange Rate, pertumbuhan cadangan devisa, net ekspor-impor, rasio tingkat suku bunga kredit dan suku bunga deposito memiliki hubungan yang signifikan terhadap krisis keuangan di Indonesia. Sementara harga minyak dunia tidak signifikan terhadap krisis keuangan di Indonesia. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya pemerintah untuk menyusun suatu sistem deteksi dini dengan pendekatan yang sesuai dengan kondisi perekonomian Indonesia, guna menghindari krisis keuangan yang lebih luas lagi.

English Abstract

The aim of this study is to identify and analyze the determinants that affect the financial crisis in Indonesia. The determinants were Real Exchange Rate, foreign reserves growth, net export-import, lending and deposit ratio, world oil price. This study used secondary data. That was monthly time series data with the observation period during 1996-2013. The source of data was Economics and Financial Statistics Indonesia, Federal Reserve Bank of st Louis and Central Agency of Statistics. Methods of data analysis in this study was probit model. The results showed that Real Exchange Rate, foreign reserves growth, net export-import, lending and deposit ratio had significant on financial crisis in Indonesia. While world oil price had not significant on financial crisis in Indonesia. The recommendation of this study is government need to develop an early warning system with the appropriate approach to economy condition of Indonesia in order to avoid the wider financial crisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/475/ 051506194
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:50
Last Modified: 09 Sep 2015 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108078
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item