Pengaruh Penyaluran Kredit Umkm Terhadap Pertumbuhan Umkm Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia ( Periode 2008 - 2012)

Sari, ErsaRatna (2015) Pengaruh Penyaluran Kredit Umkm Terhadap Pertumbuhan Umkm Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia ( Periode 2008 - 2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagaimana di negara-negara lain, UMKM di Indonesia bisa dikatakan menjadi tulang punggung perekonomian nasional karena kemampuannya bertahan dalam krisis dan besarnya kontribusi output yang dihasilkan terhadap jumlah PDB. Perkembangan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia tidak terlepas dari dukungan perbankan dalam penyaluran kredit kepada UMKM. Setiap tahun kredit kepada UMKM mengalami pertumbuhan dan secara umum pertumbuhannya lebih tinggi dibanding total kredit perbankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyaluran kredit UMKM terhadap pertumbuhan PDB UMKM dan pengaruh pertumbuhan PDB UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi yang diukur dari jumlah PDBnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Karena penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan satu variabel independen dan variabel dependen maka model regresi yang digunakan adalah model regresi linear sederhana. Model regresi ini digunakan untuk menjawab hipotesis yang pertama. Dan berikutnya untuk menjawab hipotesis penelitian yang kedua yang bertujuan mengetahui adanya korelasi antara dua variabel digunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penyaluran kredit UMKM terhadap pertumbuhan UMKM. Dimana dalam hal ini pertumbuhan UMKM diukur dari jumlah output yang dihasilkan. Yang berarti peningkatan pada penyaluran kredit UMKM akan meningkatkan output atau PDB UMKM. Demikian halnya dengan pengujian terhadap hipotesis kedua juga menyatakan adanya pertumbuhan PDB UMKM memiliki hubungan yang erat dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Apabila terjadi peningkatan pada PDB UMKM maka akan berkontribusi menambah jumlah PDB yang berarti menunjukkan terjadinya pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/471/ 051506190
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Sep 2015 14:55
Last Modified: 04 Sep 2015 14:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108074
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item