Analisis Preferensi Pedagang Kecil Terhadap Lembaga Pembiayaan Dan Potensi Baitul Maal Wat Tamwil Untuk Mengatasi Praktik Bank Thithil (Studi Kasus Pasar Segamas Purbalingga)

Safura, WahidaNurul (2015) Analisis Preferensi Pedagang Kecil Terhadap Lembaga Pembiayaan Dan Potensi Baitul Maal Wat Tamwil Untuk Mengatasi Praktik Bank Thithil (Studi Kasus Pasar Segamas Purbalingga). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan pedagang kecil dalam memilih sumber pembiayaan serta, menganalisis peluang dan kendala BMT dalam mengatasi praktik Bank Thithil Di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dengan beberapa informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kriteria yang dibutuhkan nasabah pedagang kecil dari sebuah lembaga keuangan antara lain: Range pinjaman yang rendah, kedekatan personal lembaga keuangan dengan nasabahnya, fleksibilitas baik dalam hal waktu maupun pembayaran angsuran, proses pencairan dana yang cepat dengan prosedur pembiayaan yang tidak berbelit-belit serta syarat yang mudah, tingkat bunga pinjaman yang rendah dan angsuran yang ringan. Berdasarkan ke enam kriteria tersebut dapat diketahui bahwa sebagian besar informan yang merupakan pedagang kecil di Pasar Segamas lebih memilih untuk melakukan pinjaman kepada renternir atau Bank Thithil. Melihat kriteria-kriteria yang dibutuhkan pedagang kecil dalam memilih lembaga pembiayaan tersebut, dapat dikatakan bahwa BMT berpotensi untuk mengatasi praktik Bank Thithil di Pasar Segamas, namun dalam melakukan aktifitas pembiayaannya, BMT mengalami beberapa kendala diantara lain: BMT belum bisa menjalin kedekatan personal yang baik dengan pedagang, kurangnya pengetahuan pedagang kecil tentang BMT yang disebabkan kebanyakan pedagang tidak mengenal lembaga keuangan atas nama lembaga tersebut tapi atas nama perseorangan, masih ada pedagang yang walaupun telah melakukan pembiayaan kepada BMT tetap melakukan transaksi pinjaman kepada Bank Thithil, BMT belum bisa menuruti keinginan pedagang untuk menyederhanakan proses pembiayaan angsuran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/460/ 051506179
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Sep 2015 14:44
Last Modified: 03 Sep 2015 14:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108062
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item