Formulasistrategi Bersaing Pada Ud. Pelita Mas

AlFarizi, Salman (2015) Formulasistrategi Bersaing Pada Ud. Pelita Mas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri genteng sebagai salah satu industri sektor non migas terus berkembang di Indonesia dan diharapkan dapat menunjukkan perannya yang lebih besar dalam meningkatkan perekonomian nasional. Salah satu industri yang mengalami pertumbuhan yang signifikan, dapat dilihat dan diukur dengan tingkat pertumbuhan perumahan nasional yang semakin meningkat pula. Tingkat pertumbuhan yang pesat ini menimbulkan pengaruh tak langsung pada persaingan bisnis. Persaingan bisnis melibatkan perusahaan baru maupun perusahaan lama. Perusahaan lama berusaha mempertahankan posisi yang telah dicapai dan perusahaan baru harus bisa menawarkan produk yang mempunyai keunggulan berbeda. Persaingan strategis dapat dicapai apabila perusahaan menerapkan dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Penelitian meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, hambatan, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matriks CPM, dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada lingkungan internal dan eksternal menunjukkan stategi yang sesuai diterapkan pada UD. Pelita Mas adalah strategi agresif yang terdiri dari kombinasi antara penetrasi pasar dan pengembangan produk. Penetrasi pasar harus dilakukan untuk terus meningkatkan market share dengan cara meningkatkan promosi penjualan melalui berbagai media, melakukan penambahan tenaga penjual dan usaha promosi lainnya. Pengembangan produk adalah strategi yang bertujuan agar perusahaan secara terus menerus melakukan pengembangan produk, baik dari segi kualitas maupun variasi macam produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/420/ 051505350
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Sep 2015 14:34
Last Modified: 07 Sep 2015 14:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108019
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item