Bimanda, Mufti (2015) The Efficiency And The Effectiveness Of Marketing Function Observed By Marketing Audit (Single Case Study In Pt Millenium Pharmacon International Tbk Malang Branch). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian audit pemasaran merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran di PT Millennium Pharmacon International Tbk cabang Malang dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ketidakefektifan dan ketidakefisienan. Penelitian ini membahas fungsi pemasaran yang dilakukan melalui metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara studi lapangan, wawancara, dan observasi. Analisis data melibatkan tiga unsur audit manajemen yaitu kriteria, sebab, dan akibat. Ruang lingkup audit yang dibahas dalam penelitian ini adalah enam komponen audit pemasaran yaitu lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui analisis yang komprehensif, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran telah dilakukan dengan cara yang efisien dan efektif sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku; namun, ada satu kriteria yaitu organisasi pemasaran yang harus mendapatkan perhatian. Berdasarkan temuan penelitian ini, ada beberapa rekomendasi dan saran yang diberikan untuk mencapai peningkatan yang lebih dalam pengembangan dan pengelolaan fungsi pemasaran di masa depan.
English Abstract
Research on marketing audit is a descriptive qualitative research which aimed to comprehend the effectiveness and the efficiency of marketing function in PT Millenium Pharmacon International Tbk Malang branch and to figure out what factors that led to ineffectiveness and inefficiency. This research discusses marketing function which is done through qualitative descriptive research method. The data are collected form field study, interview, and observation. Data analysis involves three elements of management audit which are criteria, cause, and effect. The scope of audit being discussed in this research are six marketing audit components which are marketing environment, marketing strategy, marketing organization, marketing system, marketing productivity, and marketing function. Based on the result that is done through comprehensive analysis, it concludes that marketing function has been managed in efficient and effective way in accordance to the applicable policy and regulation; however, the marketing organization need to be fixed where MPI need to hold more trainings for their employee to improve their technical skill, theories, conceptual, and moral in order to reach maximum result. Keywords : PT Millenium Pharmacon International Tbk Malang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/417/ 051505347 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 11:35 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 11:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108015 |
Actions (login required)
View Item |