Peran Fashion Muslim Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Di Kota Malang (Studi Pada Bisnis Fashion Melalui Butik Fashion Muslim Di Kota Malang)

Rahmawati, YusitaDwi (2015) Peran Fashion Muslim Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Di Kota Malang (Studi Pada Bisnis Fashion Melalui Butik Fashion Muslim Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran butik fashion muslim di Kota Malang dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Secara teori penelitian ini melihat keunikan antara keberadaan butik fashion muslim dan permintaan tenaga kerja. Penelitian ini fokus pada permintaan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh butik dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Target populasi dalam penelitian ini adalah beberapa butik fashion muslim di Kota Malang dan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengelola butik. Pendekatan kualitatif ini melibatkan 6 orang informan yang sudah dipilih dari beberapa butik besar yang ada di Kota Malang dan sudah berpengalaman dalam usaha butik fashion muslim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan butik fashion muslim mempunyai peran dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan permintaan tenaga kerja. Keberadaan butik tersebut akan menyerap tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan masing-masing butik karena tiap butik memerlukan tenaga kerja dengan kuantitas berbeda-beda. Tidak hanya itu, beberapa butik menggunakan nilai-nilai Islam dalam kegiatan kerja sehari-hari yang memberi dampak positif untuk pemilik dan karyawan.

English Abstract

This study aims to determine the role of Muslim fashion boutique in Malang in creating employment. Theoretically, this study saw the uniqueness of the existence of Muslim fashion boutiques and labor demand. This research focuses on labor demand required by the boutiques using qualitative methods and approaches phenomenology. The target population in this study are some Muslim fashion boutique in Malang and informants were used in this study is the owner and manager of a boutique. This qualitative approach involves six informants who had selected from several major boutiques in the city of Malang and already experienced in the Muslim fashion boutiques business. Results from this study indicate that the presence of Muslim fashion boutiques have a role in creating jobs and demand for labor. The existence of these boutiques will absorb labor according to the needs of each boutique because each boutique requires employees with diverse quantities. Not only that, some of the boutiques using Islamic values in their daily work activities that have a positive effect for the owners and employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/412/ 051505339
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2015 09:40
Last Modified: 12 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108010
[thumbnail of Yusita Dwi Rahmawati.pdf] Text
Yusita Dwi Rahmawati.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item