Analisis Tingkat Efisiensi Perbankan Syariah Dan Konvensonal Tahun 2009-2013

Wirawan, BagusLambang (2015) Analisis Tingkat Efisiensi Perbankan Syariah Dan Konvensonal Tahun 2009-2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai efisiensi antara perbankan syariah dan konvensional di indonesia periode 2009-2013, dan melihat apakah nilai efisiensi perbankan syariah mempunyai hubungan yang kuat dengan pertumbuhan aset dan Dana Pihak Ketiga (DPK). Efisiensi merupakan salah satu indikator penting terhadap penilaian kinerja suatu perbankan. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan efisiensi dengan pertumbuhan aset dan DPK. Penelitian ini juga menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengetahui nilai efisiensi perbankan syariah dan konvensional. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel Input (Modal, DPK) dan variabel Output (Kredit dan Pembiayaan). Hasil dari perhitungan analisis korelasi menunjukkan hubungan yang lemah antara efisiensi dengan pertumbuhan aset dan DPK . Hasil dari perhitungan efisiensi menggunakan DEA menunjukkan bahwa perbankan konvensional lebih efisien dibandingkan dengan perbankan syariah dengan nilai rata-rata efisiensi relatif perbankan konvensional (98%) yang lebih tinggi dibandingkan dengan perbankan syariah (96%). Hal ini menggambarkan bahwa bank konvensional mampu mengendalikan manajemen dengan baik.

English Abstract

The Purposse of this research is an to determine the efficiency between sharia and conventional banks in Indonesia period 2009-2013, and see strong relationship efficiency of sharia banks with asset and Third Party Fund (DPK) growth. Efficiency is one of the important indicator about evaluation of banking industry. This study using correlation analysis to determine the relationship of efficiency and asset and DPK growth. This study also using Data Envelopment Analisys (DEA) to determine the efficiency Sharia dan Conventional banks. The variableis devided into Input variables (Capital, Deposit) and Output Variables (Loan and Financing). The result of calculation of correlation analysis show a weak correlation between the efficiency withf asset and DPK growth. The result of the efficiency is measured by using DEA shows the conventional banks is more efficient than the sharia bank with the average value of the relative efficiency of conventional banking (98%) higher than the Islamic banking (96%). This shows that the conventional banks is able to control with good management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/411/ 051505338
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2015 09:30
Last Modified: 08 Sep 2015 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108009
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item