Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah

Lestari, AlfiMulikhah (2015) Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 50 responden mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang menjadi nasabah perbankan syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Data diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan IBM SPSS 22.0. dan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah digunakan analisis faktor dengan alat uji IBM SPSS 22.0. Hasil analisis faktor menunjukan pengaruh religiusitas terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kepatuhan agama sebesar 0,414 atau 41,4 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 2.136 atau 71.184 %. Pengaruh produk bank terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah produk yang inovatif sebesar 0,525 atau 52,5 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.641 atau 54.709 %. Pengaruh kepercayaan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kemudahan bertransaksi sebesar 0,437 atau 43,7 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.886 atau 62.874 %. Pengaruh pengetahuan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah pengetahuan ilmiah sebesar 0,573 atau 57,3 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.308 atau 43.602 % dan pengaruh pelayanan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah penggunaan fasilitas yang mudah sebesar 0,474 atau 47,4 % dan pada indikator tersebut memiliki nilai Eigenvalues sebesar 1.886 atau 62.874 %.

English Abstract

This research aims to understand the influence of religiosity, bank product, trust, knowledge, and service to preference saving on Islamic banking. This research used samples of 50 respondents muslim students of Economics and Business Faculty, Brawijaya University who become customers of Islamic banking. The data were collected using questionnaires with likert scale. Data were tested using validity and reliability tests with IBM SPSS 22.0. and to determine the influence of religiosity, bank product, trust, knowledge, and service to preference saving on Islamic banking used factor analysis with IBM SPSS 22.0 test equipment. The results of the factor analysis showed the influence of religiosity on the primary preference of saving on Islamic banking is the religious adherence amounted to 0,414 or 41,4% and the indicator has Eigenvalues value amounted to 2.136 or 71.184 %. The influence of bank products to primary preference of saving in Islamic banking is innovative product amounted to 0.525 or 52.5% and the indicator has Eigenvalues value amounted to 1.641 or 54.709 %. The influence of trust in the primary preference of saving on Islamic banking is the ease of transaction amounted to 0.437 or 43.7% and the indicator has Eigenvalues value amounted to 1.886 or 62.874 %. The influence of knowledge of the primary preference of saving on Islamic banking is the scientific knowledge amounted to 0.573 or 57.3% and the indicator has Eigenvalues value amounted to 1.308 or 43.602 % and the influence of the service to primary preference of saving on Islamic banking is the easy to use the facilities amounted to 0.474 or 47.4% and the indicator has Eigenvalues value amounted to 1.886 or 62.874 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/41/051501877
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Mar 2015 15:30
Last Modified: 01 Nov 2021 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108007
[thumbnail of ALFI MUTLIKHAH LESTARI.pdf]
Preview
Text
ALFI MUTLIKHAH LESTARI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_-_Alfi_Muflikhah_Lestari_(115020507111008).pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Alfi_Muflikhah_Lestari_(115020507111008).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item