Strategi Nation Branding Selandia Baru Melalui Kampanye “100% Middle-earth, 100% Pure New Zealand” Tahun 2012-2015 Untuk Menciptakan Citra Sebagai Destinasi Pariwisata Berlatar Dunia Khayalan

Rizkyanda, Muhammad (2018) Strategi Nation Branding Selandia Baru Melalui Kampanye “100% Middle-earth, 100% Pure New Zealand” Tahun 2012-2015 Untuk Menciptakan Citra Sebagai Destinasi Pariwisata Berlatar Dunia Khayalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selandia Baru merupakan negara yang cukup terkenal melalui produksi Dairy Products-nya. Walaupun seperti itu Pemerintah Selandia Baru memiliki misi untuk menambah produktifitas Sektor Pariwisata yang juga merupakan sektor penyumbang GDP terbesar nomor dua. Untuk menaikan sektor pariwisata Selandia Baru membentuk agensi pemerintahan yang bernama Tourism New Zealand. Agensi ini diberi tugas untuk memasarkan sektor pariwisata Selandia Baru melalui kampanye nation branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi nation branding Selandia Baru melalui kampanye “100% middle-earth, 100% Pure New Zealand” tahun 2012 – 2015 untuk menciptakan citra sebagai destinasi pariwisata berlatar dunia khayalan. Analisis yang dilakukan untuk mengetahui strategi nation branding dari Selandia Baru menggunakan konsep nation branding strategy Keith Dinnie. Setelah menggunakan konsep tersebut diketahui bahwa strategi nation branding yang dilakukan oleh Selandia Baru dalam memasarkan kampanye pariwisata mereka sesuai dengan konsep milik Keith Dinnie. Hanya dalam variabel diaspora mobilization dan nation days Selandia Baru tidak melakukan tindakan yang dijelaskan dalam dua variabel tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi penstudi nation branding agar dapat memahami ketika negara melakukan nation branding. Selain itu konsep nation branding yang terbilang konsep kontemporer dalam ilmu hubungan internasional, juga masih perlu banyak di pelajari bagi para penstudi ilmu HI.

English Abstract

New Zealand is a rather famous through production of dairy products. Although New Zealand Government had a mission to increase their productivity on tourism sector, who is the second largest sector they have to make a profit to their GDP. In order to increase tourism sector New Zealand form government agency named Tourism New Zealand. The Agency itself have a task to create a market for tourism sector through nation branding campaign. This research aims to understand nation branding strategy of New Zealand through their campaign called “100% Middle-earth, 100% Pure New Zealand” in 2012-2015 to create image as tourism destination based on imaginary world. Analysis undertaken to know nation branding strategy of New Zealand using the concept of Keith Dinnie nation branding strategy. After using the concept of nation branding strategy, New Zealand had done all the variable of it, liked in Keith Dinnie concept. Just on Diaspora Mobilization and Nation Days variable New Zealand doesn’t do anything like in the variables explained. This research was expected to provide an overview for nation branding studies. On International Relation field study nation branding is contemporary issue, and because of it writer have an expectation to all International Relations researcher to do as many research in nation branding issue to have a better understanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/254/051803874
Uncontrolled Keywords: Selandia Baru, Nation Branding, Nation Branding Strategy, Tourism New Zealand, 100% Middle-earth, 100% Pure New Zealand, pariwisata, economy, Lord of the Rings.
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 May 2018 02:45
Last Modified: 21 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10796
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (928kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item