Analisis Pengaruh Belanja Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Tahun 2007-2013).

Priambodo, Anugrah (2015) Analisis Pengaruh Belanja Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Tahun 2007-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencapaian kesejahteraan masyarakat dapat dihitung salah satunya dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM yang diraih oleh kabupaten/kota di Pulau Jawa memiliki perkembangan dari tahun ke tahun, selain itu belanja pemerintah daerah dan pertumbuhan ekonomi juga memiliki tren yang cenderung meningkat. Secara teori tingkat belanja pemerintah dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah akan mempengaruhi kesejahteraan suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh realisasi belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap IPM kabupaten dan kota di Pulau Jawa Tahun 2007 sampai dengan 2013. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 110 kabupaten/kota di Pulau Jawa, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah belanja daerah, belanja modal, belanja pegawai, dan pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, metode analisis data yang digunakan adalah data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Hasil estimasi penelitian menunjukkan bahwa belanja daerah, belanja pegawai, belanja modal, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia.

English Abstract

Achievement of social welfare can be calculated by Human Development Index (HDI). Districts/cities HDI in Java have a progression from year to year, in addition to local government spending and economic growth also has a trend which is likely to increase. In theory the level of government spending and economic growth of a region will affect the well-being of an area. This study aims to determine how the influence of local expenditure and economic growth on the districts and cities HDI in Java in 2007 until 2013. The object of research used in this study consisted of 110 districts/cities in Java, while the independent variables used are government expenditure, capital expenditure, personnel expenditures, and economic growth. Based on the objectives to be achieved, the data analysis method used is the panel data of approach Fixed Effect Model (FEM). The estimation results of the study showed that the government expenditures, personnel expenditures, capital expenditures, and economic growth has a significant positive effect on the Human Development Index.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/340/051504578
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2015 09:51
Last Modified: 01 Nov 2021 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107930
[thumbnail of SKRIPSI_-_ANUGRAH_PRIAMBODO_115020100111044.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_ANUGRAH_PRIAMBODO_115020100111044.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item