Pengaruh Variabel Pendidikan, Upah, Masa Kerja Dan Usia Terhadap Peningkatan Produktivitas Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Gandum Malang)

Pandapotan, EbenTua (2013) Pengaruh Variabel Pendidikan, Upah, Masa Kerja Dan Usia Terhadap Peningkatan Produktivitas Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Gandum Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu sebuah perusahaan tidak akan terlepas dari individu (orang) yang turut terlibat langsung dalam operasional perusahaan. Salah satu individu tersebut adalah karyawan (tenaga kerja) yang terlibat langsung dan merupakan unsur penting dalam operasional perusahaan khususnya dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, pemahaman terhadap sumber daya manusia khususnya tentang karakteristik karyawan seperti pendidikan, pendapatan, masa kerja dan usia perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan yang menginginkan produktivitas karyawan mengalami peningkatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel pendidikan, upah, masa kerja dan usia terhadap peningkatan produktivitas karyawan PT. Gandum Malang serta mengetahui dan menganalisis variabel mana yang paling dominan mempengaruhi produktivitas karyawan PT. Gandum Malang. Jenis penelitian yang digunakan exsplanatory dengan pendekatan survey karena penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT. Gandum Malang khususnya karyawan borongan (bagian giling) sebanyak 1.663 orang dan diambil 94 orang sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Dari hasil deskripsi responden, diketahui bahwa : (1) sebagian besar responden berpendidikan SD dan SMP; (2) sebagian besar responden memperoleh upan sebesar 353.000 ribu per minggu, artinya mereka mampu menghasilkan 19 ribu batang rokok dalam satu minggunya, sehingga mereka mendapatkan tambahan atau bonus sebesar Rp 30.000. Upah paling rendah sebesar Rp 238.000 dan tertinggi Rp 353.000; (3) Masa kerja responden antara 10 tahun hingga 20 tahun, dan yang paling banyak adalah responden yang memiliki masa kerja di atas 15 tahun; (4) sebagian besar responden mampu menghasilkan produk sebesar 19 ribu batang rokok setiap minggunya, melampaui target yang ditetapkan perusahaan yaitu 18 ribu batang rokok per minggunya. Dari hasil analisis diketahui bahwa: (1) Pendidikan karyawan, upah karyawan, masa kerja dan usia karyawan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. (3) Besarnya proporsi atau sumbangan variabel pendidikan karyawan, upah karyawan, masa kerja dan usia karyawan terhadap produktivitas karyawan sebesar 47.8% sedangkan sisanya 52.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam model penelitian. (4) Vaiabel pendidikan dinyatakan tidak berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. (5) Variabel upah karyawan dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. (6) Variabel masa kerja dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. (7) Variabel usia karyawan berpengaruh signifikan negative terhadap produktivitas karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/333/051504038
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Jul 2015 14:36
Last Modified: 01 Nov 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107922
[thumbnail of 1_cover.pdf]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_EBEN_ABSTRAKSI_-_Copy.pdf]
Preview
Text
5_EBEN_ABSTRAKSI_-_Copy.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_EBEN_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3_EBEN_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
2_DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_EBEN_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4_EBEN_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_EBEN_BAB_II.pdf]
Preview
Text
7_EBEN_BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_EBEN_BAB_I.pdf]
Preview
Text
6_EBEN_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_EBEN_BAB_III.pdf]
Preview
Text
8_EBEN_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9_EBEN_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
9_EBEN_BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_EBEN_BAB_V.pdf]
Preview
Text
10_EBEN_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_EBEN_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11_EBEN_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item