Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pinjaman Modal Usaha (Studi Kasus Penerima Pinjaman Pada Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu)

Putra, SaddamKrisiandry (2015) Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pinjaman Modal Usaha (Studi Kasus Penerima Pinjaman Pada Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pinjaman modal usaha terhadap peningkatan pendapatan masyarakat penerima pinjaman di Desa Torongrejo serta untuk mengetahui efektifitas program terhadap pengentasan kemiskinan dilihat melalui pendapatan masyarakat setelah menerima pinjaman dengan tingkat garis kemiskinan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) maupun kantor kelurahan Desa Torongrejo serta lembaga terkaitdengan didukung wawancara kepada penerima Pinjaman Modal Usaha. Berdasarkan informasi dari Badan Pusat Statistik, tingkat kemiskinan di Kota Batu tiap tahunya belum menunjukan tingkat penurunan yang berarti, hal ini menjadi pertimbangan penting mengingat tingkat garis kemiskinan yang meningkat tiap tahunya. Pada penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yaitu peningkatan pendapatan setelah memperoleh pinjaman serta efektifitas program terhadap pengentasan kemiskinan. Program Pinjaman Modal Usaha ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan masyarakat penerima pinjaman akan tetapi Program pinjaman ini dinilai masih kurang efektif dalam mengentas tingkat kemiskinan pada pelaku pinjaman, p[embuktian ini dilakukan dengan uji beda Wilcoxon test serta perbandingan tingkat pendapatan masyarakat dengan tingkat garis kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/323/ 051504018
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Jun 2015 14:58
Last Modified: 25 Jun 2015 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107911
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item