Hakim, AndikLukman (2015) Implementasi Pengukuran Kinerja Sektor Publik Dengan Metode Balanced Scorecard Dengan Perspektif Stakeholder (Studi Kasus Pada Rsud Dr Soetomo Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan tolok ukur kemajuan dalam pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard dengan perspektif Stakeholder. Obyek penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Perspektif Balanced Scorecard yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif keuangan, perspektif stakeholder, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengukuran dilakukan dengan membandingkan antara realisasi dengan target atau kriteria ideal yang telah ditetapkan. Hasil perbandingan tersebut diberi skor untuk tiap indikator yang kemudian digunakan untuk skor tiap perspektif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rasio dari masing-masing perspektif semuanya berada di atas 1 yang berarti bahwa secara umum realisasi kinerja melebihi dari target yang telah ditetapkan. Sedangkan skor akhir menunjukkan bahwa perspektif stakeholder memiliki nilai paling tinggi dibandingkan perspektif lainnya. Hal ini sesuai dengan tujuan organisasi yang mengutamakan maksimalisasi pelayanan terhadap stakeholder. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kinerja organisasi secara umum dapat dikatakan baik.
English Abstract
Performance measurement is a benchmark of progress in achieving the goals and objectives that have been set previously. This research aims to measure the organization’s performance using the Balanced Scorecard with stakeholder perspective. The object of this research is Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya. This research is a descriptive qualitative research with case study approach. Balanced Scorecard perspective used in this research is financial perspective, stakeholder perspective, internal business process perspective, and growth and learn perspective. Measurement is done by comparing the realization with the target or ideal criteria that have been set. The comparison results are given a score for each indicator is then used to score each perspective. Based on the results, the ratio of the value of each perspective everything is above 1, which means that the overall realization of the performance exceeds the set targets. While the final score indicates that the stakeholder perspective has the highest value compared to other perspectives. This is consistent with the objectives of the organization that promotes the maximization of service to stakeholders. With these results it can be concluded that the performance of the organization in general can be said to be good.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/300/ 051503775 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 10:22 |
Last Modified: | 18 Jun 2015 10:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107887 |
Actions (login required)
View Item |