Analisis Dampak Kebujakan Upah Minimum Terhadap Kemiskinan Di Indonesia

Yudistira (2015) Analisis Dampak Kebujakan Upah Minimum Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan pendidikan akuntansi yang terlalu maskulin yang beranggapan bahwa rasionalitas (kecerdasan intelektual) adalah yang paling diperhatikan. Pendidikan yang dimaksud dalam hal ini mengabaikan berbagai sudut pandang yang seharusnya diintegrasikan sebagai sebuah keseimbangan demi peradaban yang lebih bermartabat. Penelitian ini bertujuan mengkaji pemahaman mahasiswa atas akuntansi, tidak hanya dari sudut pandang kecerdasan intelektual namun juga kecerdasan yang lain yaitu kecerdasan emosional dan spiritual. Untuk mengeksplorasi pemahaman akuntansi mahasiswa dari perspektif kecerdasan tersebut, fenomenologi digunakan sebagai metodologi, paradigma interpretif sebagai payung utama dalam penelitian ini. Empat mahasiswa tingkat akhir program sarjana sebagai informan untuk di eksplorasi pemahaman dan kesadarannya terhadap berbagai sudut pandang pendidikan akuntansi dilakukan dengan wawancara secara mendalam (epoche) . Temuan yang didapat mengindikasikan bahwa tiga informan mampu memahami akuntansi dari berbagai kecerdasan dengan pendapatnya masing-masing. Ketiga informan tersebut berpendapat, tidak seharusnya akuntansi dipahami sebatas pada pencatatan dan penyusunan laporan keuangan semata namun lebih dari itu. Nilai-nilai moral dan nilai-nilai spiritual perlu dilibatkan dalam akuntansi demi terwujudnya suatu kehidupan yang damai, adil dan jauh dari rasa saling merugikan sehingga dapat bermanfaat bagi banyak pihak. Informan tersisa memberikan informasi bahwa pemikiran rasional diperlukan di berbagai kecerdasan, tidak perlulah nilai-nilai moral dan spiritual dilibatkan dalam akuntansi. Mahasiswa dalam memahami akuntansi sebagian besar masih terbelenggu dengan karakter pendidik dan sistem pendidikan yang mengakar pada pendidikan akuntansi. Dengan adanya hambatan tersebut, dibutuhkan sebuah ide agar dapat mengupayakan perubahan dalam pendidikan akuntansi. Salah satu yang dimaksud tersebut adalah pendidik. Pendidik perlu memadukan berbagai metode pembelajaran dan paradigma mengingat kesuksesan suatu pendidikan sangat ditentukan dari bagaimana peran pendidik dalam mengasah berbagai potensi mahasiswa. Potensi tersebut dalam hal ini adalah keseimbangan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/29/ 051501454
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Feb 2015 16:04
Last Modified: 01 Nov 2021 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107874
[thumbnail of SKRIPSI_Danny_Nur_Febrianica_(115020107111012).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Danny_Nur_Febrianica_(115020107111012).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item