Biaya Transaksi Pada Umkm Yang Memproduksi Yoghurt (Studi Pada Rumah Yoghurt Di Junrejo Dan Yo Good Di Sawojajar)

Zafira, ArvionaNadya (2015) Biaya Transaksi Pada Umkm Yang Memproduksi Yoghurt (Studi Pada Rumah Yoghurt Di Junrejo Dan Yo Good Di Sawojajar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM, di mana muncul biaya-biaya yang membuat biaya operasional pelaku UMKM semakin besar yaitu biaya transaksi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi biaya transaksi yang terdapat pada Rumah Yoghurt dan Yo Good, (2) Mengetahui komparasi biaya transaksi antara Rumah Yoghurt dengan Yo Good. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Metode penelitian mixed methods yaitu penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, lalu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum atau generalisasi. Penyajian datanya dengan menggunakan tabel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa biaya transaksi yang terdapat pada UMKM yoghurt yaitu terdiri dari 3 komponen yaitu market transaction cost, managerial transaction cost dan political transaction cost. Market transaction cost terdiri dari biaya iklan dan biaya pencarian informasi, managerial transaction cost terdiri dari biaya transportasi dalam mengelola disributor, dan political transaction cost terdiri dari biaya izin. Komparasi biaya transaksi pada Yo Good ternyata jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya transaksi pada Rumah Yoghurt. Besarnya biaya transaksi pada Yo Good disebabkan oleh munculnya biaya pencarian informasi dalam mencari bahan baku.

English Abstract

Background in this research are problems faced by micro, small, and medium enterprises, in which appear expenses make the operational cost of micro, small and medium enterprises improve, named transaction cost. The purpose of this research are: (1) Identify transaction cost in Rumah Yoghurt and Yo Good, (2) Knowing the comparison beetwen Rumah Yoghurt and Yo Good. The research method in this research used mixed method. Mixed method is research that combine beetwen qualitative method and quantitative method. Data obtained from the interview, field notes and documentation, and then analyze data in manner describe the data has been collected or describedas the data without intending to make generalization. Presentation of the data using the table. The result of this study found that transaction costs that are on yoghurt micro, small and medium enterprises which is consisting of three main components namely market transaction cost, managerial transaction cost and political transaction cost. Market transaction cost consisting of the cost of advertising and the cost of the search information, managerial transaction cost consisting of transportation cost in managing the dsitributor, and political transaction cost consisting of permission fees. Comparison of transaction cost in Yo Good were far larger than transaction cost in Rumah Yoghurt. The magnitude of transaction cost in Yo Good caused by searching information in the cost of raw material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/281/ 051503526
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 May 2015 14:15
Last Modified: 27 May 2015 14:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107865
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item