Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perbankan Terhadap Share Penyaluran Kredit Umkm Oleh Perbankan Di Indonesia

Tika, ReginaMutiara (2015) Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perbankan Terhadap Share Penyaluran Kredit Umkm Oleh Perbankan Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah berhasil menyelamatkan perekonomian kita selama krisis ekonomi. Ketika banyak perusahaan skala besar (korporasi) yang ambruk karena beban hutang yang sangat besar, justru para pelaku UMKM bertindak sebagai katup pengaman perekonomian nasional. Sebagian besar diantara mereka mampu bertahan dengan baik ketika krisis ekonomi yang berkepanjangan sedang melanda negara kita, padahal sektor ini memiliki akses yang minim dalam menerima penyaluran kredit maupun pembiayaan dari bank maupun lembaga keuangan lainnya. Kemampuan bank dalam menyalurkan kredit tentu tidak terlepas dari faktor internal bank maupun faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh faktor internal seperti CAR, LDR, dan NPL serta faktor eksternal seperti tingkat inflasi dan kebijakan perubahan aturan mengenai definisi UMKM di Indonesia terhadap kelompok Bank Persero, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Umum Swasta Nasional. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Linear Model (GLM) dengan menggunakan alat Stata 12.0. adapun hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah keseluruhan faktor internal dan eksternal yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap share penyaluran kredit UMKM oleh kelompok Bank Persero. Di sisi lain, rasio NPL tidak berpengaruh dalam perilaku kelompok Bank Umum Swasta Nasional dalam menyalurkan kredit UMKM. Sedangkan dalam kelompok Bank Pembangunan Daerah, tingkat inflasi di Indonesia tidak berpengaruh dalam share penyaluran kredit UMKM kepada masyarakat

English Abstract

The aim of this research is to analyze the effect of banking internal and external factors on share of SMEs credit by banking sector in Indonesia especially in State Oned Banks, Commercial Banks, and Regional Development Banks. This study uses Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Non Performing Loan as banking internal factors and inflation rate and policy about the change of SMEs definition in Indonesia as external factors. Data analysis technique is Generalized Linear Model (GLM). The result of this study are all of internal and external factors significantly affect share of SMEs credit in group of State Owned Banks. In other side, Non Performing Loan of SMEs credit don`t affect share of SMEs credit in commercial banks. Beside that, inflation rate in Indonesia don`t affect share of SMEs credit in Regional Development Banks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/280/ 051503525
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 May 2015 14:25
Last Modified: 27 May 2015 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107864
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item