Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya)

Putra, FebriAnggara (2015) Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaman modern ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, semua peralatan menjadi serba canggih dan praktis. Perkembangan yang sangat signifikan terjadi pada alat komunikasi. iPhone adalah jajaran telepon pintar yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. iPhone sendiri memilih segmen dengan kelas kalangan atas. Penggunanya didominasi oleh anak muda yang memiliki kantong tebal. Kebanyakan konsumen iPhone memilih telepon pintar ini karena tuntutan profesi dan pekerjaan. Gaya hidup akan mempengaruhi seseorang dalam membuat segala keputusan salah satunya keputusan pembelian. Reference Groupmerupakan hal yang sangat penting dan ide yang berpengaruh besar dalam perilaku konsumen. Untuk itu penulis membuat suatu penelitian yang mencari pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian iPhone di Universitas Brawijaya. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara parsial dan simultan. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 120 responden yang seluruhnya merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, uji asumsi multikolinearitas, uji asumsi heteroskedastisitas, dan uji asumsi linearitas. Selain itu juga digunakan uji regresi linier berganda,dan uji hipotesis yaitu uji F, uji t, dan uji dominan. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa pengujian hipotesis model regresi secara simultan Fhitung lebih besar daripada Ftabel ( 33,175 > 3,07 ) dan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari alpha (α) = 0,05. Untuk pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone, nilai statistik uji t hitung lebih besar daripada t tabel ( 7,635 > 1,658 ) dan nilai signifikan lebih kecil daripada α = 0,05. Sedangkan untuk pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian iPhone, nilai statistik uji t hitung lebih kecil daripada t tabel ( 0,767 < 1,658 ) dan nilai signifikan lebih besar daripada α = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel gaya hidup (X1) dan kelompok referensi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial terdapat pengaruh signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian, sedangkan kalompok referensi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/26/ 051501451
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Feb 2015 14:23
Last Modified: 29 Oct 2021 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107840
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_LEMBAR_PENGESAHAN,_CV,_DANABSTRAK.pdf]
Preview
Text
COVER,_LEMBAR_PENGESAHAN,_CV,_DANABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_DAN_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SCAN_LEMBAR_PERSETUJUAN_KOMPREHENSIF.pdf]
Preview
Text
SCAN_LEMBAR_PERSETUJUAN_KOMPREHENSIF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SCAN_SURAT_PERNYATAAN_TIDAK_PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
SCAN_SURAT_PERNYATAAN_TIDAK_PLAGIAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item