Pengaruh ROA, BOPO, LDR dan NPL Terhadap Permodalan (CAR) BPR (Studi Kasus BPR di Kabupaten Kediri)

Nurcahyaningtyas, AyuOktaviana (2015) Pengaruh ROA, BOPO, LDR dan NPL Terhadap Permodalan (CAR) BPR (Studi Kasus BPR di Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengukur Kesehatan Bank Salah Satunya Dapat Dilakukan Menggunakan Rasio Permodalan (CAR), Aturan Mengenai Permodalan Bank Diatur Oleh BIS Pada Basel I Dan Basel II Yang Berisi Tentang Modal Minimum Yang Harus Dimiliki Oleh Bank Sebesar 8% Dan Adanya Pemberian Insentif Bagi Bank Yang Memiliki Menajemen Yang Baik Tentang Pengelolaan Kredit. Untuk Penilaian Kesehatan BPR Diatur Dalam Pasal 7 Keputusan Direksi BI No. 32/12/DIR Dimana Pemenuhan KPMM (Kewajiban Pemenuhan Modal Minimum) Sebesar 8% Dengan Nilai Kredit 81 Maka BPR Dikatakan Sehat, Dan BPR Kurang Sehat Dengan Nilai CAR Sebesar 7,9-8% Dengan Nilai Kredit 65. Merujuk Pada Aturan Mengenai KPMM BPR Disebabkan Karena BPR Memiliki Perananan Penting Dalam Perekonomian Khususnya Dalam Penyaluran Kredit Di Indonesia, Berdasarkan Statistik Perbankan Oleh OJK Tahun 2013 BPR Memiliki Pangsa Pasar Penyaluran Kredit Sebesar 2% Dari Total Penyaluran Kredit Di Indonesia, Dengan Aset Yang Dimiliki BPR Kurang Dari 1% Dari Aset Bank Umum Di Indonesia. Selain BPR Memiliki Peranan Penting Dalam Penyaluran Kredit, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Memberikan Rancangan Aturan Baru Yaitu Dengan Menaikkan KPMM BPR Pada Tahun 2015 Menjadi 12% Dengan Modal Inti Yang Harus Dipenuhi Sebesar 8%. Berdasarkan Uraian Diatas Mengenai Pentingnya BPR Dan Rancangan Aturan Baru Oleh OJK, Maka Penelitian Ini Berfokus Pada BPR Khususnya BPR Di Kabupaten Kediri, Dimana Pada BPR Kabupaten Kediri Terdapat Fenomena Perbedaan Antara Teori Dengan Kondisi Nyata Di BPR Tersebut, Yang Terdiri Atas ROA, BOPO, LDR Dan NPL Terhadap Permodalan (CAR). Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Dari ROA (Return On Assets), BOPO (Biaya Operasi Terhadap Pendapatan Operasi), LDR (Loan To Deposits Ratio), Dan NPL (Non Performing Loans) Terhadap Permodalan (CAR) BPR Di Kabupaten Kediri. Objek Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Berjumlah 19 BPR Di Kabupaten Kediri. Penelitian Ini Menggunakan Teknik Analisa Data Panel, Dengan Model Yang Digunakan Adalah Model Random Effect. Berdasarkan Hasil Analisis Didapatkan Hasil Bahwa ROA Berpengaruh Secara Positif Terhadap Permodalan (CAR), BOPO Berpengaruh Secara Signifikan Negatif Terhadap Permodalan (CAR), LDR Tidak Memiliki Pengaruh Terhadap Permodalan (CAR) Dan NPL Memiliki Pengaruh Signifikan Positif Terhadap Permodalan (CAR) BPR Di

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/248/051503319
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 May 2015 09:26
Last Modified: 29 Oct 2021 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107828
[thumbnail of Skripsi_Ayu_oktaviana_N_115020100111039.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ayu_oktaviana_N_115020100111039.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item