Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Sikap Dan Niat Beli Konsumen Pada Produk The Body Shop Dalam Forum Female Daily

Sinay, SariOlivia (2015) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Sikap Dan Niat Beli Konsumen Pada Produk The Body Shop Dalam Forum Female Daily. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap sikap dan niat beli konsumen dalam Forum Female Daily dengan fokus produk The Body Shop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala model likert yang mengukur variabel eksogen (electronic word of mouth) dan variabel endogen (sikap dan niat beli). Sampel yang digunakan adalah 160 responden dari member Forum Female Daily pada thread The Body Shop yang belum pernah menggunakan produk The Body Shop. Analisis data menggunakan analisis Partial Least Square yang berfungsi untuk mengetahui korelasi antara indikator dengan konstruk dan korelasi antar konstruk serta membuktikan hipotesis penelitian. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan program SmartPLS 3. Hasil analisis diperoleh bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli pada produk The Body Shop. Pengujian hipotesis untuk pengaruh langsung menggunakan uji t menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, namun electronic word of mouth berpengaruh secara positif tidak signifikan terhadap niat beli. Hal ini bisa terjadi dikarenakan niat beli akan muncul jika didahului dengan sikap. Berarti bahwa, jika tidak terjadi penilaian rasa suka atau tidak suka, senang atau tidak senang terhadap The Body Shop, tidak akan muncul niat beli dari konsumen (member) tersebut. Pengujian hipotesis untuk pengaruh tidak langsung menggunakan Sobel test diperoleh bahwa electronic word of mouth berpengaruh tidak lansung secara positif dan signifikan terhadap niat beli melalui sikap. Hasil Goodness of Fit dari predictive relevance (Q square) adalah sebesar 0,995 menunjukkan bahwa 99,5% keragaman data yang ada bisa dijelaskan dengan baik oleh model. Sedangkan sisanya sebesar 0,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/241/051503286
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 May 2015 14:25
Last Modified: 29 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107821
[thumbnail of 1_Cover.pdf]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_Surat_Pernyataan.pdf]
Preview
Text
3_Surat_Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
4_Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
6_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_Quote.pdf]
Preview
Text
5_Quote.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1_-_Bab_5.pdf]
Preview
Text
Bab_1_-_Bab_5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item