Penerapan Marketing 3.0 Pada Pt. Otto Nusantara Energy

Bardin, Tafi`a (2015) Penerapan Marketing 3.0 Pada Pt. Otto Nusantara Energy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep marketing 3.0 secara mendalam pada PT. Otto Nusantara Energy. Dalam hal ini PT. Otto Nusantara Energy (ONE) adalah perusahaan swasta di bidang energi, khususnya dalam pemanfaatan Compresed Natural Gas (CNG), dan Operation, Maintenance Gas Plant, Generator Plant dan Engine Replacement yang telah menerapkan marketing 3.0 sejak awal berdirinya perusahaan. Dalam marketing 3.0 perusahaan harus melihat konsumen sebagai manusia seutuhnya. Kekuasaan ada di tangan konsumen, tetapi sayangnya tidak semua perusahaan memiliki akses langsung kekonsumen. Oleh karena itu dibutuhkan mitra yang tepat agar dapat mendistribusikan produk ke pasar dan kekonsumen. Alasan peneliti mengambil tema penelitian ini adalah untuk mengetahui Antara konsep dan fakta marketing 3.0 di dalam perusahaan PT. Otto Nusantara Energy. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi secara langsung, wawancara, dan dengan memberikan kuisioner kepada para pelanggan dan karyawan PT Otto Nusantara Energy. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Fenomenologi. Fokusnya adalah mengetahui penyebab dan menggali persepsi melalui pengalaman informan hingga jajaran Direksi khususnya bagian pemasaran dalam kaitannya dengan penerapan konsep marketing 3.0 pada PT. Otto Nusantara Energy. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini melalui analisis data hasil wawancara sertao observasi lapangan. Kemudian dilakukan uji konfirmatibilitas untuk menguji kebasahan data yang disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan suatu keunggulan tersendiri mengenai konsep marketing yang digunakan dalam perusahaan dimanakonsep yang digunakan perusahaan adalahkonsep yang berbeda dengan konsep umumnya. Konsep pemasaran menggunakan marketing 3.0 sangat relevan bagi perusahan dengan menerapkan 10 kredo dalam pelaksanaannya. Meskipun masih ada beberapa kendala saat pelaksanaan konsep, konsep ini dianggap sebagai konsep yang terbaik di PT. Otto Nusantara Energy dalam bidang pemasaran. Hal ini mampu membuat para konsumen atau pelanggan dapat bertahan sebagai konsumen tetap yang menggunakan produk CNG didasari oleh kepercayaan dari nilai-nilai marketing 3.0. Sehingga mampu disimpulkan bahwa konsep marketing 3.0 sudah diterapkan baik oleh perusahaan. Sesuai hasil dari penelitian, maka disarankan kepada pihak perusahaan untuk mempertahankan keunggulan bersaing yang dimiliki oleh produk CNG sebagai produk unggulan serta berusaha mengatasi kelemaha-kelemahan yang dimiliki, sehingga mampu terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan akan dipasarkan.

English Abstract

This study aims to determine the application of the concept of marketing 3.0 in depth at PT. Otto Nusantara Energy. In this case PT. Otto Nusantara Energy (ONE) is a private company in the field of energy, particularly in the use of compresed Natural Gas (CNG), and Operation, Maintenance Gas Plant, Plant Generator and Engine Replacement that have implemented marketing 3.0 since the inception of the company. In marketing 3.0 companies should see consumers as a whole person. The power is in the hands of consumers, but unfortunately not all companies have direct access to the customers. Therefore, it needs the right partners in order to distribute the products to the market and kekonsumen. The reason researchers took the theme of this study is to determine Between concepts and facts of marketing 3.0 in the company of PT. Otto Nusantara Energy. This study uses data obtained directly from the field, through direct observation, interviews, and by giving questionnaires to customers and employees of Otto Nusantara Energy. This study is a qualitative research Phenomenology. The focus was to determine the causes and perceptions dig through informants experience to the Board of Directors, especially the marketing department in relation to the application of the concept of marketing 3.0 at. Otto Nusantara Energy. Drawing conclusions in this study through the analysis of interview data Sertao field observations. Then konfirmatibilitas test to test the wetness data concluded. Based on the results of studies have found a distinct advantage of the marketing concepts used in dimanakonsep company used different adalahkonsep company with general concept. The concept of using marketing 3.0 marketing is very relevant for the company to implement 10 creed in its implementation. Although there are still some obstacles during the implementation of the concept, this concept is considered as the best concept in PT. Otto Nusantara Energy in the field of marketing. It is able to make the consumers or customers can survive as consumers still are using CNG products based on the beliefs of values marketing 3.0. So it can be concluded that the concept of Marketing 3.0 has been implemented either by the company. According to the results of the study, it is suggested to the company to maintain a competitive advantage possessed by CNG products as superior products and strive to overcome kelemaha-weaknesses, so as to continuously improve the quality of the product and will be marketed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/180/051502740
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:38
Last Modified: 29 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107754
[thumbnail of skripsi_lengkap1.pdf]
Preview
Text
skripsi_lengkap1.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item