Determinasi Tingkat Suku Bunga Dasar Kredit Mikro (Studi Kasus Pada Bank BUMN dan Bank Umum Swasta Nasional di Indonesia Periode Maret 2013 – Oktober 2014

Sulistyawati, Indah (2015) Determinasi Tingkat Suku Bunga Dasar Kredit Mikro (Studi Kasus Pada Bank BUMN dan Bank Umum Swasta Nasional di Indonesia Periode Maret 2013 – Oktober 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank sebagai lembaga intermediasi memiliki peran memajukan perekonomian Indonesia, atau biasa disebut dengan agent of development, disamping peran utamanya sebagai badan usaha. Bersama dengan peraturan yang dikelarkan oleh pemerintah, peran bank tersebut salah satunya diimplementasikan dengan memberikan kredit kepada UMKM. Kredit ini disebut dengan kredit mikro. Kredit mikro diberikan dengan tujuan untuk memajukan UMKM yang belum bankable dan sulit memperoleh pendanaan. Kredit mikro yang diberikan ini tidak lepas dari harga yang harus dibayarkan oleh debitur UMKM kepada bank. Harga yang dibayarkan tersebut disebut dengan suku bunga kredit. Sebelum memberikan suku bunga kredit kepada debitur, bank harus mempunyai suku bunga dasar kredit yang digunakan sebagai acuan. Melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.15/1/DPNP, guna menciptakan kondisi yang kompetitif pada perbankan dan menekan tingkat suku bunga yang diberikan, Bank Indonesia mewajibkan kepada seluruh bank untuk mempublikasikan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang dimiliki. Menurut data yang diperoleh, Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mikro milik Bank BUMN dan Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) memiliki tingkat yang cukup jauh dan trend yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mikro pada Bank BUMN dan Bank Umum Swasta Nasional di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel yang merupakan gabungan dari data time series dan cross section. Penelitin ini menggunakan sampel yang dipilih dengan teknik purposive judgement sampling. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa hanya resiko UMKM saja yang secara positif mempengaruhi tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mikro pada Bank BUMN. Tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mikro Bank Umum Swasta Nasional dipengaruhi oleh overhead cost dan resiko UMKM secara positif sedangkan LDR mempengaruhi secara negatif. Variabel cost of loanable fund tidak mempengaruhi tingkat Suku Bunga Dasar Kredit mikro baik pada Bank BUMN maupun pada Bank Umum Swasta Nasional di Indonesia.

English Abstract

Bank as an intermediation institution has a function to encourage Indonesia’s economics, or usually called agent of development, beside it’s main function as a profit institution. Referred to Government’s regulation, bank gives a loan to MSME’s. It is part of agent of development implementation. This loan called as micro lending. The purpose of this loan is to thrive MSME’s which not bankable yet and still difficult to get funding.This micro lending has a price which must paid by MSME’s. Before bank give price to MSME’s, It must has micro base lending rate as a reference. This research aims to find out the effect of cost of loanable fund, overhead cost, MSME’s risk and loan to deposite ratio on micro base lending rate in state owned bank and foreign exchange commercial bank. Panel data regression is used to analyze this data research. Using this method, it can be analyzed the impact of factors which are determines micro base lending rate in fixed effect model. The results of this research are only MSME’s risk is determining micro base lending rate in state owned bank and foreign exchange commercial bank’s micro base lending rate is determined by overhead cost, MSME’s risk and loan to deposite ratio.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/165/051502657
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Apr 2015 14:12
Last Modified: 07 Apr 2015 14:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107737
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item