Rahmadani, Cecia (2015) Analisis Pengaruh Sikap Yang Dimoderasi Oleh Keinovatifan Konsumen Terhadap Intensi Membeli Produk Busana Muslim Taniaz Di Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan usaha sejauh ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan dalam segala bidang salah satunya adalah bisnis di bidang fesyen khususnya busana muslim. Beragam faktor yang membuat fesyen muslim terus berkembang. Dari munculnya banyak komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, sampai diselenggarakannya beragam bazar, dan peragaan busana muslim (fashion show) seperti Jakarta Fashion Week (JFW). Sikap akan secara langsung mempengaruhi intensi membeli seseorang. Keinovatifan konsumen dapat dilihat dari konsumen yang inovatif biasanya antusias mengenai produk baru dan mengarah kepada niat untuk membeli serta mendorong orang lain untuk mencobanya. Untuk itu penulis membuat suatu penelitian mencari pengaruh sikap melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen terhadap intensi membeli produk busana muslim Taniaz di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara simultan dan parsial. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, heteroskedastisitas, dan linieritas. Selain itu juga digunakan uji regresi moderasi atau uji interaksi, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian mengindikasi bahwa pengujian hipotesis model regresi moderasi secara simultan F hitung sebesar 53,147 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan degree of freedom (df) n1 = 3 dan n2 = 96 dan α 5% adalah sebesar 2,699. Karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (53,147 > 2,699) atau nilai signifikansi lebih kecil dari α 5% (0,000 < 0,050), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sikap (X1), keinovatifan konsumen (X2) dan sikap (X1) melalui moderasi keinovatifan konsumen (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli (Y). Secara parsial terdapat pengauh signifikan sikap terhadap intensi, keinovatifan konsumen terhadap intensi dan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel sikap (X1) melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen (X2) terhadap intensi membeli (Y) akan tetapi memiliki tanda koefisien negatif.Perkembangan usaha sejauh ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan dalam segala bidang salah satunya adalah bisnis di bidang fesyen khususnya busana muslim. Beragam faktor yang membuat fesyen muslim terus berkembang. Dari munculnya banyak komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, sampai diselenggarakannya beragam bazar, dan peragaan busana muslim (fashion show) seperti Jakarta Fashion Week (JFW). Sikap akan secara langsung mempengaruhi intensi membeli seseorang. Keinovatifan konsumen dapat dilihat dari konsumen yang inovatif biasanya antusias mengenai produk baru dan mengarah kepada niat untuk membeli serta mendorong orang lain untuk mencobanya. Untuk itu penulis membuat suatu penelitian mencari pengaruh sikap melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen terhadap intensi membeli produk busana muslim Taniaz di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara simultan dan parsial. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, heteroskedastisitas, dan linieritas. Selain itu juga digunakan uji regresi moderasi atau uji interaksi, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian mengindikasi bahwa pengujian hipotesis model regresi moderasi secara simultan F hitung sebesar 53,147 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan degree of freedom (df) n1 = 3 dan n2 = 96 dan α 5% adalah sebesar 2,699. Karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (53,147 > 2,699) atau nilai signifikansi lebih kecil dari α 5% (0,000 < 0,050), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sikap (X1), keinovatifan konsumen (X2) dan sikap (X1) melalui moderasi keinovatifan konsumen (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli (Y). Secara parsial terdapat pengauh signifikan sikap terhadap intensi, keinovatifan konsumen terhadap intensi dan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel sikap (X1) melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen (X2) terhadap intensi membeli (Y) akan tetapi memiliki tanda koefisien negatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/122/051502262 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 06:54 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107690 |
Preview |
Text
00003.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
001.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_FIX_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Other
IMAG0001.PDF Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
riwayat_hidup.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_kajur_baru.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |