Analisis Pengaruh Sikap Yang Dimoderasi Oleh Keinovatifan Konsumen Terhadap Intensi Membeli Produk Busana Muslim Taniaz Di Kabupaten Jombang

Rahmadani, Cecia (2015) Analisis Pengaruh Sikap Yang Dimoderasi Oleh Keinovatifan Konsumen Terhadap Intensi Membeli Produk Busana Muslim Taniaz Di Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan usaha sejauh ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan dalam segala bidang salah satunya adalah bisnis di bidang fesyen khususnya busana muslim. Beragam faktor yang membuat fesyen muslim terus berkembang. Dari munculnya banyak komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, sampai diselenggarakannya beragam bazar, dan peragaan busana muslim (fashion show) seperti Jakarta Fashion Week (JFW). Sikap akan secara langsung mempengaruhi intensi membeli seseorang. Keinovatifan konsumen dapat dilihat dari konsumen yang inovatif biasanya antusias mengenai produk baru dan mengarah kepada niat untuk membeli serta mendorong orang lain untuk mencobanya. Untuk itu penulis membuat suatu penelitian mencari pengaruh sikap melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen terhadap intensi membeli produk busana muslim Taniaz di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara simultan dan parsial. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, heteroskedastisitas, dan linieritas. Selain itu juga digunakan uji regresi moderasi atau uji interaksi, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian mengindikasi bahwa pengujian hipotesis model regresi moderasi secara simultan F hitung sebesar 53,147 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan degree of freedom (df) n1 = 3 dan n2 = 96 dan α 5% adalah sebesar 2,699. Karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (53,147 > 2,699) atau nilai signifikansi lebih kecil dari α 5% (0,000 < 0,050), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sikap (X1), keinovatifan konsumen (X2) dan sikap (X1) melalui moderasi keinovatifan konsumen (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli (Y). Secara parsial terdapat pengauh signifikan sikap terhadap intensi, keinovatifan konsumen terhadap intensi dan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel sikap (X1) melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen (X2) terhadap intensi membeli (Y) akan tetapi memiliki tanda koefisien negatif.Perkembangan usaha sejauh ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan dalam segala bidang salah satunya adalah bisnis di bidang fesyen khususnya busana muslim. Beragam faktor yang membuat fesyen muslim terus berkembang. Dari munculnya banyak komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, sampai diselenggarakannya beragam bazar, dan peragaan busana muslim (fashion show) seperti Jakarta Fashion Week (JFW). Sikap akan secara langsung mempengaruhi intensi membeli seseorang. Keinovatifan konsumen dapat dilihat dari konsumen yang inovatif biasanya antusias mengenai produk baru dan mengarah kepada niat untuk membeli serta mendorong orang lain untuk mencobanya. Untuk itu penulis membuat suatu penelitian mencari pengaruh sikap melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen terhadap intensi membeli produk busana muslim Taniaz di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan mencari pengaruh signifikan secara simultan dan parsial. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode accidental sampling. Metode penelitian ini diuji dengan uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji asumsi normalitas, heteroskedastisitas, dan linieritas. Selain itu juga digunakan uji regresi moderasi atau uji interaksi, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian mengindikasi bahwa pengujian hipotesis model regresi moderasi secara simultan F hitung sebesar 53,147 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai Ftabel dengan degree of freedom (df) n1 = 3 dan n2 = 96 dan α 5% adalah sebesar 2,699. Karena nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (53,147 > 2,699) atau nilai signifikansi lebih kecil dari α 5% (0,000 < 0,050), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sikap (X1), keinovatifan konsumen (X2) dan sikap (X1) melalui moderasi keinovatifan konsumen (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli (Y). Secara parsial terdapat pengauh signifikan sikap terhadap intensi, keinovatifan konsumen terhadap intensi dan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel sikap (X1) melalui moderasi variabel keinovatifan konsumen (X2) terhadap intensi membeli (Y) akan tetapi memiliki tanda koefisien negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/122/051502262
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2015 06:54
Last Modified: 28 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107690
[thumbnail of 00003.pdf]
Preview
Text
00003.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 001.pdf]
Preview
Text
001.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_FIX_.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_FIX_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IMAG0001.PDF]
Preview
Other
IMAG0001.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of riwayat_hidup.pdf]
Preview
Text
riwayat_hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_kajur_baru.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_kajur_baru.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item