Rent Seeking Pada Perpindahan Dan Pertambahan Nilai Produk (Studi Pada Beberapa Branded Garmen Di Jabodetabek).

Adjie, VitoDwikiJhalu (2015) Rent Seeking Pada Perpindahan Dan Pertambahan Nilai Produk (Studi Pada Beberapa Branded Garmen Di Jabodetabek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pakaian merupakan salah satu penyumbang perekonomian Indonesia, hal tersebut terkait dengan banyaknya produk ternama asal luar negeri yang diproduksi di Indonesia. Sebuah pabrik garmen di Indonesia dapat memproduksi 1 juta potong pakaian dalam satu kali produksi. Pada proses penyerapan produk, tidak seluruh produk dapat diserapoleh perusahaan pemilik nama. Terdapat sisa antara 50-200 ribu potong produk yang tidak terserap. Produk sisa yang tidak terserap dikembalikan perusahaan pemilik nama kepada pabrik. Kondisi tersebut dimanfaatkan beberapa pelaku untuk mencari keuntungan melalui kegiatan perpindahan dan pertambahan nilai produk. Dari kegiatan yang dilakukan, pelaku memperoleh keuntungan tanpa melakukan kegiatan produksi dari awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kegiatan rent seeking pada perpindahdan dan pertambahan nilai produk, serta mengetahui jenis keuntungan yang diperoleh pelaku dari adanya kegiatan rent seking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanatif untuk menjelaskan kegiatan rent seeking yang dilakukan oleh masing-masing pelaku. Unit yang dianalisa pada penelitian ini adalah perpindahan produk, pertambahan nilai produk, dan jenis keuntungan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara kepada informan dan observasi lapang secara non-partisipan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah diri peneliti. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif untuk mengetahui makna dari setiap data yang dimiliki dengan teknik validitas menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan rent seeking pada perpindahan produk dilakukan dengan memanfaatkan regulasi pemerintah untuk tujuan menghindari pajak dan kegiatan rent seeking pada pertambahan nilai produk dilakukan untuk merubah kembali produk sisa menjadi produk layak jual dengan harga yang bersaing di pasar kompetitif. Pada penelitian ini pelaku memperoleh jenis keuntungan yang berbeda dengan pelaku lain karena masing-masing pelaku melakukan kegiatan yang berbeda pada aktivitas rent seeking yang dilakukan.

English Abstract

Garment industry is one of contributor economy for Indonesia, it is associated with many well-known products of foreign origin produced in Indonesia. A garment factory in Indonesia can produce 1 million pieces of clothing in a single production. In the process of absorption of the product, not the whole of the product can`t take by company owner name. There is a rest between 50-200 thousand pieces of products that are not absorbed. The waste products are not absorbed company returned to the factory owners name. The conditions used several actors to seek profits through transfer activity and value added of products. The activities carried out, the perpetrators gain without production activities from the beginning. The purpose of this study was to describe the activities of rent seeking on transfer and value-added of products, as well as knowing the type of benefits the perpetrator of their activities seeking rent. This study used a qualitative approach to explain rent seeking activities undertaken by each actor. The units were analyzed in this study is the movement of products, value-added products, and the type of benefit. Source of data used in this research is the primary data by conducting interviews with informants and field observation in a non-participant. The instrument used in this study is the researchers themselves. The analysis technique used is an interactive model to determine the meaning of any data held by the validity of using triangulation techniques. The results of this study showed that the activity of rent seeking on the movement of products is done by using government regulations for the purpose of avoiding tax and rent seeking activities on value-added products is done to change the behavior of waste products into marketable products at competitive prices in a competitive market. In this study, offenders obtain different types of benefits with other actors, since each actor doing different activities on rent seeking activities undertaken.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/117/051502205
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Mar 2015 12:15
Last Modified: 28 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107684
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item