Peran Modal Sosial Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Besar Malang).

Maziyah, RindaRofiatul (2014) Peran Modal Sosial Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Besar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar tradisional sudah menjadi kebutuhan masyarakat indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pasar tradisional yang didirikan, akan tetapi akhirakhir ini kehadiran pasar modern mengancam eksistensi dari pasar tradisional ke depannya. Pada kenyataannya di Pasar Besar Malang pasar tradisional bisa bertahan berdampingan dengan ritel modern, hal ini tentu saja menjadi pertanyaan besar bagaimana eksistensi pasar tradisional tersebut, oleh karena itu di dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang bagaimana eksistensi pedagang pakaian di Pasar Besar Malang, kemudian bagaimana organisasi pada Pasar Besar Malang serta bagaimana peran modal sosial di dalam eksistensi Pasar Besar Malang. Berkaitan dengan modal sosial di dalam pasar tradisional hal ini sangat penting mengingat modal sosial membahas mengenai hubungan antarpenjual serta hubungan penjual dan pembeli yang merupakan unsur kunci di dalam pasar tradisional itu sendiri. Metode dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini, yaitu Eksistensi Pasar Besar Malang telah terbukti selama hampir 20 tahun lebih, pasar ini telah ada dan menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Malang oleh karena itu tidak diragukan lagi peranannya terhadap perekonomian, meskipun di dalam Pasar Besar terdapat ritel moden. Organisasi yang terbentuk pada Pasar Besar Malang memang diprioritaskan untuk mengemban tugas yang cukup berat, namun organisasi di Pasar Besar Malang telah terkoordinasi atau tersusun dengan baik. Modal sosial yang terbentuk pada Pasar Besar Malang telah ada dan menjadi pendorong bagi pasar itu sendiri untuk bertahan, hal ini tercermin pada hubungan antarpedagang yang telah ada dan terpelihara dengan baik serta hubungan pedagang dengan pelanggan atau pembeli yang juga merupakan bentuk modal sosial, hubungan-hubungan ini menyangkut kepercayaan, jaringan serta nilai dan norma. Kepercayaan yang terjalin dalam jaringan antarpedagang maupun pedagang dengan pelanggan ini terbukti lemah atau kurang kuat. Sedangkan jaringan di sini terbentuk secara alami di dalam aktivitas ekonomi di Pasar tradisional. Di dalam jaringan, tindakan yang dilakukan oleh para pelakunya memunculkan nilai dan norma yang tercermin di dalamnya.

English Abstract

The traditional market has become a necessity Indonesian society, this is evidenced by the many established traditional market, but lately modern market presence threatened the existence of traditional markets in the future. In fact in Pasar Besar Malang traditional market survive side by side with modern retail, it is of course the big question is how the existence of traditional markets, therefore in this study, the researcher will discuss how the existence of Pasar Besar draper in Malang, then how the organization on Pasar Besar Malang and how the role of social capital in the existence of Pasar Besar Malang. With regard to social capital in the traditional market is very important because it discusses the relationship of social capital and the relationship between traders and buyers which is a key element in the traditional market itself. The method in this study, researchers used a qualitative approach to the case study method. The results of this study, namely the existence of Pasar Besar Malang has been proven for almost 20 years, this market has been there and become one of the largest traditional markets in Malang therefore undoubtedly its role in the economy, although there is retail modern in Pasar Besar. Organization formed in Pasar Besar Malang is prioritized for the task is quite heavy, but the organization has coordinated Pasar Besar Malang or good order. Social capital is formed at Pasar Besar Malang has been there and become a catalyst for the market itself to survive, this is reflected in the relationship between traders existing and well maintained as well as the relationship with the customer or merchant buyer who is also a form of social capital relationships this involves beliefs, values and norms as well as the network. Confidence that exists in the network as well as vendors with customers between traders has proved weak or less strong. While the network here is formed naturally in the economic activity in traditional markets. In the network, the actions taken by the actors bring the values and norms are reflected in them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/91/051402005
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2014 10:11
Last Modified: 28 Oct 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107655
[thumbnail of ABSTRAK_BHS_INDO.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_BHS_INDO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_BHS_INGGRIS.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_BHS_INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_FIX.pdf]
Preview
Text
COVER_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
Daftar_Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERNYATAAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item